Cegah Kejahatan Jalanan, Polrestabes Gelar Patroli Skala Besar

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan melakukan razia di wilayah Kota Surabaya yang rawan akan tindak kejahatan jalanan, Sabtu ( 3/2) malam. [abednego/bhirawa]

Polrestabes Surabaya, Bhirawa
Guna menjaga situasi dan kondisi aman, Polrestabes Surabaya beserta Polsek jajaran melakukan patroli skala besar di wilayah Surabaya, Sabtu (3/2) malam. Patroli dilakukan guna memberi rasa aman warga Kota Surabaya terhadap kejahatan jalanan 3C seperti curas (pencurian dengan kekerasan, curat (pencurian dengan pemberatan) dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor).
“Pada apel sudah saya sampaikan, bahwa masyarakat Surabaya menghabiskan waktu libur, salah satunya pada malam hari ini (Sabtu malam). Sebagai petugas kepolisian yang akan mengelola keamanan, kita hadir untuk mengurangi kesempatan terjadinya gangguan Kamtibmas di Kota Surabaya,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan di sela-sela patroli, Sabtu (3/2) malam.
Rudi menjelaskan, sebanyak kurang lebih 150 personel diturunkan dalam patroli ini dengan diikuti personel dari 23 Polsek jajaran dan anggota Polrestabes Surabaya. Adapun sasarannya seluruh wilayah di Kota Surabaya yang disinyalir rawan akan tindak kejahatan jalanan. Termasuk sasaran di wilayah hukum Polsek jajaran.
“Sasaran di wilayah hukum Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran. Kami targetkan Kota Surabaya harus selalu dalam keadaan aman di setiap kegiatan masyarakat,” tegasnya.
Selain target kejahatan jalanan dan kejahatan konvensional, sambung Rudi, patroli ditekankan terhadap terjadimya aksi balap liar, balap mobil dan penganiayaan. Dan fokus terpenting yakni mencegah terjadinya peredaran gelap narkotika di wilayah hukum Polrestabes Surabaya atau di Kota Surabaya. Serta razia terkait kepemilikan senjata tajam (sajam) dan senjata api (senpi).
“Malam hari merupakan waktu yang rawan akan terjadinya tindak kejahatan di masyarakat. Di sinilah peran kepolisian dibutuhkan oleh masyarakat. Termasuk juga fokus kepada potensi-potensi konflik sosial di masyarakat,” jelasnya.
Rudi menambahkan, patroli serupa akan terus dilakukan di wilayah hukum Polrestabes Surabaya. Terutama wilayah-wilayah yang disinyalir rawan akan tindak kejahatan. Prinsipnya, sambung Rudi, Polrestabes Surabaya beserta Polsek jajaran siap memberi perlindungan bagi warga masyarakat Kota Surabaya. Dan siap menjaga keamanan dan situasi kondusif di Kota Pahlawan ini.
Siapapun pelaku tindak kejahatan di Kota Surabaya, lanjut Rudi, merupakan musuh utama bagi Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran. Bahkan pihaknya tidak segan untuk menindak tegas bagi para pelaku kejahatan yang nekat beraksi di wilayah hukumnya. Apalagi pelaku kejahatan yang nekat dan dengan sengaja melukai para korbannya, pihaknya tidak segan melakukan tindakan tegas bagi pelaku kejahatan ini.
“Siapa saja yang berani melakukan tindak kejahatan di Kota Surabaya, itulah musuh kami. Polrestabes Surabaya beserta Polsek jajaran tidak segan-segan melakukan tindakan tegas bagi para pelaku tindak kejahatan di Kota Surabaya,” pungkasnya. [bed]

Tags: