Bupati Lumajang Imbau Pers Bijak Sampaikan Informasi

Bupati Lumajang Drs As at Malik ketika memberikan sambutan dalam acara Hari Pers Nasional. [dwi wismo wardono/bhirawa]

Lumajang, Bhirawa
Bupati Lumajang Drs As at Malik berharap kepada para pengguna Media Sosial ( Medsos) dan insan pers, untuk bijak dalam penyampaian informasi secara faktual Kepada masyarakat.
Terlebih tahun 2018 ini yang memasuki tahun politik dimana masih saja didapati informasi-informasi yang dinilai kurang berimbang dan terkesan memojokkan pemerintah, padahal sebenarnya fakta yang di lapangan tidak sepenuhnya sesuai dengan apa yang beredar di masyarakat.
Hal ini dipandang sangat perlu karena sebenarnya peran medsos dan pers sangat besar dan sangat diperlukan, dalam rangka mendukung pembangunan dan kemaslahatan bagi warga khususnya di Kab Lumajang.
”Percepatan didalam pelayanan masyarakat saat ini sangat diperlukan, penyebarluasan informasi terkait program-program pembangunan harus dilakukan secara profesional, ditambah dengan media sosial yang sangat mudah diakses oleh masyarakat sehingga membutuhkan sikap yang bijak dalam penggunaanya,” ujarnya.
Bupati mengaku tak memungkiri kalau peran pers atau media massa berperan sebagai fungsi kontrol kepada pemerintah daerah, terkait hal hal yang perlu mendapatkan perhatian dan pembenahan, sebagai solusi antara masyarakat dengan pemangku kebijakan.
“Gunakan pers dan media sosial di dalam percepatan menyelesaikan masalah, bukan malah mempercepat penghacuran masyarakat,” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan, informasi yang tersebar kepada masyarakat tentu tetap berorientasi pada profesionalisme, dengan didasarkan pada fakta yang ada, serta tidak tendensius yang dikendalikan oleh pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan pribadi maupun golongan yang tujuan tertentu,tanpa memberikan solusi yang baik kepada masyarakat.
”Bijak-bijaklah menyampaikan berita, jadilah insan pers yang profesional, jangan sampai berita yang di sebarkan tidak sesuai dengan fakta,” jelasnya.
Bupati Lumajang juga membuka kegiatan bersama komunitas wartawan lokal Lumajang bersama Diskominfo, dalam Hari Pers Nasional (HPN) ke 70 yang digelar di Aula BKD Kab Lumajang,(5/2). [dwi]

Tags: