Bugar dengan Black Garlic

Suprihno SPd MPd

Suprihno SPd MPd

Bagi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Suprihno SPd MPd, menjaga kebugaran tubuh saat ini hukumnya wajib. Apalagi sekarang tengah sibuk-sibuknya melaksanakan tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2018, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 dan Pemilu 2019.
“Biar tetap bugar dan tidak gampang sakit saya kini rutin memakan bawang hitam (black garlic) setiap mau tidur malam,” ujarnya saat ditemui Bhirawa di acara penandatangan kesepakatan bersama Sentra Gakumdu serta Launching Satgas Anti Black Campaign dan Satgas Money Politik yang dilanjutkan komitmen bersama integritas Polri, TNI, Pemkab, Kejari, KPU dan Panwaslu dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2018 di Crown Victoria Hotel Kota Tulungagung, Rabu (7/2).
Menurut bapak tiga putra ini manfaat dari bawang hitam tersebut sudah dapat dirasakannya. Ia kini tetap bugar kendati dalam sehari harus mengikuti tiga sampai empat kegiatan dan kerap pulang sampai malam hari. “Bawang hitam memang banyak manfaatnya. Apalagi yang buat istri saya sendiri. Tidak beli di luaran,” paparnya lantas terkekeh.
Suprihno menambahkan cara membuat bawang hitam tidaklah terlalu sulit dan bisa dilakukan di rumah. Hanya dibutuhkan temperatur panas tertentu dan waktu yang relatif lama agar bawang putih kemudian menjadi hitam di dalamnya.
“Rasanya pun enak. Sedikit manis, bertekstur lebut, ada gurihnya juga dan terasa kenyal,” papar alumni FKIP Universitas Jember (Unej) ini. Selanjutnya Suprihno menyatakan, untuk menjaga kebugaran tubuh tidak hanya harus rajin memakan bawang hitam, tetapi juga perlu olahraga yang rutin.
Ia mengungkapkan dalam seminggu selalu menyempatkan berolahraga ketika tidak ke luar kota. “Olahraga yang ringan-ringan saja. Kalau saya olahraganya main bulutangkis. Apalagi bermain bulutangkis bersama banyak teman tambah asyik saja,” tuturnya. [wed]

Rate this article!
Bugar dengan Black Garlic,5 / 5 ( 1votes )
Tags: