Apresiasi untuk Bupati

Bibit Samat Rianto

Bibit Samat Rianto

Ada sesuatu hal menarik yang dirasakan para akademisi dan pejabat Pemkab Situbondo dari kunjungan mantan Komisioner pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Bibit Samad Rianto, ke Kota Situbondo belum lama ini. Lelaki yang dikenal tegas itu sempat melontarkan guyonan hingga membuat riuh ratusan peserta seminar di auditorium kampus Universitas Abdoer Rahman Saleh (Unars) Situbondo di Jalan PB Sudirman, Kelurahan Patokan.
Usai melantik pengurus Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) DPD Situbondo, Bibit Samad Rianto, menyebut Bupati Situbondo Dadang Wigiarto sebagai sosok pejabat yang patut ditiru. Ini karena, lanjut mantan Kapolda Jatim itu, pejabat sekelas Bupati Dadang Wigiarto masih menyiapkan waktu untuk mengikuti acara seminar bertema ‘Membangun Desa Bebas Korupsi Demi Mewujudkan Rakyat Sejahtera’, yang kebetulan dibedah oleh Bibit Samad Rianto. “Jarang ya, ada Bupati bisa datang ke acara seperti ini. Untuk itu saya sangat salut kepada Bupati Situbondo (Dadang Wigiarto),” ujarnya.
Biasanya, kata lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa Pusat itu, Bupati selalu beralasan dengan berbagai agenda penting di sebuah daerah. Namun, dimata Bibit Samad Rianto, sosok Bupati Dadang Wigiarto memiliki kepedulian yang tinggi bagi penuntasan korupsi di Bumi Salawat Nariyah ini. “Buktinya Bupati Dadang datang pada acara seminar dan acara pelantikan GMPK DPD Situbondo di kampus Unars ini. Ini perlu diapresiasi,” sebut Bibit lagi yang mendapat aplaus meriah dari peserta seminar.
Menurut Bibit Samad Rianto, ada hal urgen yang harus dikuasai pemerintahan Desa dibawah kepemimpinan Bupati Dadang Wigiarto agar tidak terjebak oleh kasus koruspi. Yakni, terang Bibit Samad Rianto, Pemerintah Desa harus membuat perencanaan penggunaan dana Desa sebab masalah kemiskinan menjadi salah satu sasaran utama penggunaan dana desa. “Diperlukan juga sebuah analisa dalam perencanaan penggunaan dana desa di Situbondo, sehingga Pemerintah Desa mengetahui permasalahan sekaligus potensi di tiap Desanya,” pungkas Samad. [awi]

Rate this article!
Apresiasi untuk Bupati,5 / 5 ( 1votes )
Tags: