Amin Sutoyo: Bela Negara Tak Hanya Angkat Senjata

Asisten Pemerintahan Setda Tuban, Drs A. Amin Sutoyo saat membuka dan menyematkan id card pada peserta di lapangan Kompi Senapan C Tuban.

Tuban, Bhirawa
Asisten Pemerintahan Setda Tuban, Drs A. Amin Sutoyo, menekankan pentingnya arti bela Negara kepada generasi muda.
Hal tersebut diungkapkan saat membuka kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara melalui Pembentukan Kader Bela Negara di Kabupaten Tuban tahun 2018, di kompleks Kompi Senapan C 521 Tuban, Selasa (13/02/2018).
“Bela Negara bukan hanya mengangkat senjata atau ikut berperang, lebih dari itu bermakna bagaimana kita berkontrisbusi, dan apa yang telah kita berikan kepada NKRI,” ungkap Amin Sutoyo.
Dalam perhelatan yang dilaksanakan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tuban tersebut, mantan Kepala Bappemas Tuban ini menjelaskan, keberlangsungan sebuah Negara berada di tangan generasi mudanya. Dengan memiliki bekal kebangsaan dan bela Negara, mereka akan memiliki visi, kepemimpinan yang kuat, berpendirian teguh yang akan bermanfaat dikemudian hari.
Suatu bangsa yang memiliki pemuda dengan nasionalisme tinggi, akan menunjukkan potensinya pada dunia.
“Sehingga bangsa Indonesia benar-benar menjadi Negara yang besar dan jaya,” tegas Amin Sutoyo.
Dalam kesempatan sama, Kepala Kesbangpol Tuban, Drs. Hari Sunarno, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan, dan mendayagunakan peran generasi muda dalam peningkatan kesadaran bela Negara. Membekali pengetahuan, dan pemahaman permasalahan yang dihadapi bangsa dan Negara.
Selain itu, sebagai upaya untuk menguatkan karakter pemuda bangsa yang mencintai tanah airnya.
“Sekaligus membentengi mereka dari ancaman ideologi yang merusak bangsa,” tutur Hari Sunarno.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari hingga 15 Februari 2018 tersebut, diikuti 50 pelajar se Kabupaten Tuban. Pemateri dari kegiatan diantaranya, Dandim 0811 Tuban, Kapolres Tuban, Kepala Kesbangpol Tuban, Danki Senapan C 521 Tuban, dan pelatih Kader Bela Negara. (Hud)

Tags: