110 Siswa SMP Ikuti Pesantren Bahasa Inggris di Probolinggo

Asisten II Sekda, Sugiono, saat memberikan arahan didepan 110 siswa SMP di pendopo Kabupaten, Rabu (14/2). [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH melalui Asisten II Sekda Bidang pembangunan dan ekonomi Sugiono sangat mengapresiasi pemberangkatan ratusan siswa SMP peserta pesantren Inggris ke pondok pesantren (ponpes) Damanhuri Romly Kabupaten Probolinggo tahun 2018, di pendapa Kabupaten, Kamis (14/2). Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, Sukarnadi dan sejumlah Kabag dilingkungan Pemkab Situbondo.
Menurut Sugiono, program ini sangat penting karena ada kegiatan belajar memahami dan menggunakan Bahasa Inggris sejak dini kepada para siswa. Sebab, kata mantan Staf Ahli Bupati itu, Bahasa Inggris saat ini tercatat sebagai bahasa resmi dunia. “Bahasa Inggris ini menjadi pintu untuk melangkah mengenal dunia luar negeri dan beragam ilmu pengetahuan. Maka dari itu penguasaan buku berbahasa Inggris sangat bermakna sekali,” terang Sugiono, diawal sambutannya.
Mantan Kadisparporabud Kabupaten Situbondo itu menambahkan para siswa akan belajar dan tinggal di lingkungan pondok selama 15 hari. Kata dia, para santri akan menggunakan Bahasa Inggris pada percakapan sehari-hari. “Kehidupan dan pembelajaran yang mereka terima mengikuti sistem belajar mengajar di pondok. Kami meminta kepada 110 peserta ini untuk menjalankan pembelajaran dengan sebaik baiknya sehingga nanti sepulang dari pondok dapat mmeiliki ilmu yang paripurna,” tandas Sugiono.
Selain fasih berbahasa Inggris, lanjut Sugiono, diharapkan para peserta semakin bertambah keimanannya saat kembali ke Kabupaten Situbondo. Keimanan yang baik ini, kupas Sugiono, akan diimbangi dengan prilakuyang baik dan berakhlakul karimah. “Hal ini untuk membentuk karakter anak yang baik secara agama dan sosial di usia remaja dan akan menjadi bekal nanti tatkala sudah memasuki usia dewasa,” pungkas mantan Kabag Humas Pemkab Situbondo itu. [awi]

Tags: