Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab Bojonegoro Anggarkan Rp 3,1 M

Kantor Pemkab Bojonegoro, (achmad basir/bhirawa)

Bojonegoro,Bhirawa
Salah satu permasalahan yang selalu terjadi di daerah lain dan di Bojonegoro diantaranya warga yang berada di garis kemiskinan, berkaitan dengan hal ini sudah pasti diperlukan adanya suatu solusi untuk mengatasi nilai angka kemiskinan di Bojonegoro.
Berdasarkan data terpadu dari kementerian jumlah masyarakat miskin di Bojonegoro ini mencapai 575.430 orang. Tahun 2018 Pemkab Bojonegoro akan menganggarkan dana sebesar Rp3,1 miliar.
”Anggaran tersebut nantinya untuk kegiatan pengentasan kemiskinan masyarakat, PMKS, selain itu akan diperuntukan bagi gaji pendamping, dan gaji tagana,” kata Kepala Dinas Sosial, Helmy Elisabeth kemarin (11/1).
Dari jumlah 575.430 itu, tentunya bisa mengalami perubahan. Data bisa bertambah apabila ada laporan dari Pemerintah Desa. Basis data terpadu tersebut dilakukan verifikasi setiap dua tahun sekali. ”Akan dipastikan, jika ada keluarga miskin di Bojonegoro ini yang belum terdata,” jelasnya.
Lebih lanjut, Helmy Elisabeth mengatakan, bahwa untuk masyarakat yang belum terdata tersebut pihak desa mengajukan dan akan diajukan untuk masuk dalam basis data terpadu. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang kurang mampu bisa menerima bantuan.
Jumlah tersebut pastinya juga bisa turun apabila masyarakat yang menerima sudah mengalami peningkatan ekonomi. ”Terus didata, agar masyarakat kurang mampu bisa menerima bantuan,” imbuhnya. [bas]

Tags: