Satu Semester Hidup dari Beasiswa

Otniel Hertatra Tjandra

Otniel Hertatra Tjandra
Selama enam bulan lamanya, Otniel Hertatra Tjandra menikmati hasil jerih payahnya setelah melalui rangkaian tes untuk memperoleh beasiswa. Mahasiswa jurusan multimedia Universitas Surabaya (Ubaya) ini memilih program beasiswa pertukaran pelajar oleh Erasmus. Yaitu belajar di universitas Uni Eropa selama satu semester.
Ia dibantu bagian perhubungan luar negeri Universitas Surabaya untuk mengurus visa akomodasi, pesawat dan hal-hal yang diperlukan setibanya di Slovakia. Mulai dari visa negara tujuan, asuransi perjalanan, ijazah, SKCK dan lain-lain ia difasilitasi pihak kampus sepenuhnya.
Sementara untuk biaya pesawat dan biaya hidup selama di Slovakia, ia hanya mengandalkan fasilitas beasiswa yang diperoleh. “Ini pertama kalinya saya ikut pertukaran mahasiswa, alasan yang paling utama supaya dapat pengalaman dan belajar hidup mandiri,”urainya.
Dikatakannya, ia cukup kesulitan saat bersosialisasi dengan warga di sana, karena bahasa yang digunakan bukan bahasa inggris tapi bahasa Slovak. Banyak orang yang masih belum bisa bahasa inggris. “Bahkan untuk beli barang di supermarket pun agak repot karena semua tulisan dalam bahasa Slovak dan pekerjanya juga tidak bisa bahasa inggris,” ujarnya.
Uang beasiswa yang terbatas juga membuatnya harus pintar-pintar mengatur dana agar bisa cukup untuk menuntaskan 6 bulan di Eropa. Untuk biaya apartemen saja ia harus menyisihkan 340 euro atau sekitar Rp 5 juta setiap bulannya.
“Saya bisa share apartemen itu dengan tiga orang peserta beasiswa lainnya. Saya satu-satunya dari Asia jadi ya agak sepi,”ungkapnya.
Selama di Slovakia, Otniel di transfer ke jurusan Mass Media PAN European Univeristy. Jadi ia mempelajari tentang dunia perfilman, international marketing dan intercultural communication.
Manajer Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri Ubaya, Adi Teja Kusuma mengungkapkan untuk beasiswa Erasmus pihak Ubaya terlebih dahulu menyelekai aplikasi mahasiswa kemudian di teruskan ke penyedia beasiswa dan dilanjutkan dengan 2 kali interview. [tam]

Rate this article!
Tags: