Pemkab Situbondo Bangun Perkampungan Tabing Tongkok

Di tempat inilah nanti akan dikembangkan pusat kuliner ala seafood dan kawasan perkampungan Tabing Tongkok demi terwujudnya program kunjungan wisata 2019.{sawawi/bhirawa)

Situbondo, Bhirawa
Kabupaten Situbondo kian intensif membangun berbagai sarana guna mensukseskan program kunjungan wisata 2019. Salah satunya yang terbaru, Pemkab Situbondo mewujudkan destinasi wisata baru di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus. Disekitar kawasan yang dikenal dengan pusat rafting di Situbondo itu, kedepan bakal sulap menjadi perkambungan Tabing Tongkok dan pusat kuliner ala seafood.
Menurut Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, guna untuk menyambut tahun kunjungan wisata tahun 2019 mendatang, Pemkab Situbondo mempersiapkan sejumlah destinasi wisata baru. Setidaknya, kata Bupati Dadang, dilokasi tersebut akan ada tiga destinasi wisata baru yang menawarkan konsep wisata berbeda di Situbondo. “Nanti di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Pemkab akan membangun perkampungan baru di atas tanah seluas 4 hektar,” tegas Bupati dua periode itu.
Nantinya, lanjut Bupati Dadang, perkampungan baru ini juga dibangun rumah khas masyarakat Situbondo-Tabing Tongkok, yang selanjutnya akan difungsikan sebagai tempat menginap atau homestay pengunjung.
Apalagi, katanya, di Dusun Samir ini menawarkan rafting di malam hari yang notabene lebih memikat pengunjung. Selain itu, terang Bupati Dadang, pada tahun 2018 ini Pemkab akan membangun infrastruktur kawasan wisata rengganis di gunung Argopuro, Kecamatan Sumbermalang. “Selain akan membangun akses jalan, Pemkab akan membangun rest area dan tempat parkir,” papar mantan advokat itu.
Khusus untuk pembangunan akses jalan menunu kawasan rengganis di Gunung Argopuro, kata Bupati Dadang, kedepan akan lebih memudahkan wisatawan dalam menikmati panorama gunung. Selama ini, urainya, wisata Rengganis hanya akan menjadi tujuan wisatan pencinta alam, mengingat akses jalannya yang sulit dilalui kendaraan.
Bupati juga menerangkan Konsep wisata berbeda itu juga di tawarkan di kampung kerapu Dusun Gundil, Desa Klatakan Kecamatan Kendit. “Disana akan dipersiapkan sebuah dermaga ke lokasi keramba apung. Disana juga akan dijadikan tempat kuliner ala seafood,” beber Bupati Dadang.
Bupati Dadang Wigiarto mengatakan, pembangunan kawasan wisata dilakukan secara bersama oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Situbondo. Untuk itu Bupati langsung memberikan tugas kepada masing-masing pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) dan menyiapkan piranti kunjungan wisata 2019 yang dikoordinir oleh Asisten Setkab dan Staf Ahli Bupati.
“Saya sudah meminta semua Kepala OPD untuk tidak bepergian ke luar daerahselama program kunjungan wisata 2019 berkalan jika tidak ada keperluan mendesak. Kalau terpaksa pergi luar kota harus berkaitan dengan persiapan pariwisata di Kab Situbondo,” pungkas Bupati Dadang. [awi]

Tags: