Pemerintah Harus Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan

DPRD Jatim, Bhirawa
Masih minimnya pembangunan infrastruktur di pedesaan menimbulkan kekhawatiran anggota DPRD Jatim Irwan Setiawan. Menurutnya, banyak potensi di daerah yang tidak tergarap dengan maksimal, seperti di Bondowoso yang potensi peternakan dan perkebunannya sangat besar, begitu juga di Situbondo dengan potensi perikanan dan perkebunan, tapi sayangnya berbagai potensi itu tidak tergarap maksimal.
“Pemerintah harus menggarap dengan baik berbagai potensi di daerah agar mampu menggairahkan perekonomian masyarakat di daerah dan secara otomatis ekonomi masyarakat di daerah pun bisa sejahtera,” ungkap politisi yang duduk sebagai anggota komisi C DPRD Jatim ini, Kamis (11/1).
Politisi yang juga Sekretaris DPW PKS Jatim ini mengatakan untuk mengoptimalkan peternakan, perkebunan maupun perikanan di daerah, pemerintah baik pemkab, pemprov maupun pemerintah pusat harus bersinergi lewat dinas terkait dengan melakukan pembinaan untuk masyarakat dalam menghasilkan sebuah produk olahan dari hasil ternak, kebun maupun ikan.
“Dengan masyarakat bisa membuat produk olahan maka akan ada nilai jual yang lebih tinggi, dilanjut dengan pemerintah membuka akses pasar untuk masyarakat menjual produk olahan yang dibuat, dengan begitu ekonomi di pedesaan akan bergairah,” ungkapnya.
Irwan menambahkan, selain itu pemerintah juga harus memacu pembangunan infrastruktur perdesaan seperti jalan usaha tani, karena yang terjadi saat ini infrastruktur di pedesaan masih mengalami keterbatasan, sehingga akses masyarakat di desa pun tidak memenuhi. [cty]

Tags: