Kapolda Jatim Cek Kesiapan PAM Pilkada

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin didampingi Komandan Satuan Brimob mengunjungi dan mengecek kesiapan pasukan Brimob di Mako Brimob, Selasa (9/1).

(Kunjungi Mako Brimob)
Polda Jatim, Bhirawa
Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengunjungi Mako Brimob Taman Sidoarjo, Selasa (9/1). Selain memberi apresiasi terhadap anggota Brimob yang baru pulang BKO (Bantu Kendali Operasi) dalam operasi Aman Nusa Satu di Papua, Kapolda juga mengecek kesiapan anggota Brimob yang disiagakan dalam pengamanan (PAM) Pilkada serentak 2018 di Jatim.
Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, kedatangannya ini untuk menyemangati anggota yang baru pulang dari operasi Aman Nusa Satu di Papua.
Brimob Polda Jatim, menurut Machfud, sudah sangat banyak yang diperbantukan dalam tugaskan ke Aceh, Poso dan wilayah-wilayah di Indonesia. “Alhamdulillah, personel kembali semuanya dengan selamat dan sehat. Saya juga ingin mengecek kesiapan kesatuan Brimob Polda jatim dalam rangka menghadapi Pilkada serempak yang ada di Jatim,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Selasa (9/1).
Kapolda meyakini anggota Brimob Polda Jatim sudah terlatih dalam segala hal. Sebelumnya, lanjut Machfud, Brimob Polda Jatim di BKO kan dalam pengamanan Pilkada di DKI Jakarta 2017. Pihaknya pun bangga karena Brimob Polda Jatim sudah banyak yang dikirim dalam pengamanan di seluruh wilayah Indonesia. Dan sangat terlatih serta berpengalaman dalam menjaga dan mengamankan wilayah maupun daerah di Indonesia yang rawan konflik.
“Saya berharap, di Jatim anggota (Brimob) bisa melaksanakan pengamanan dengan baik. Punya nilai-nilai tambah, bukan hanya sekadar mengamankan saja. Tapi bisa membuat maupun mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Pilkada,” harapnya.
Ditanya perihal latihan khusus Brimob dalam PAM Pilkada Jatim, Machfud mengaku Brimob tetap kembali pada tugas pokoknya. Dia hadir pada saat situasi yang memang Brimob harus hadir. Misalnya adanya ketidakpuasan, hingga berujung anarkis, di situlah Brimob turun. Namun PAM Pilkada diutamakan dari Polres setempat, dan anggota Sabhara. “Akan tetapi kalau tidak memungkinkan, Brimob hadir, turun, dan menuntaskan persoalan yang ada,” katanya.
Jumlah personel Brimob Polda Jatim, sambung Machfud, sebanyak 2.003 personel. Dengan jumlah itu, pihaknya berharap tidak ada yang sampai melakukan tindakan anarkis. Tetapi justru mempunyai nilai tambah, yakni humanis.
Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Jatim Kombes Pol Wijatmika mengaku bangga atas kunjungan Kapolda Jatim ke Mako Brimob Taman. “Sudah lama Brimob tidak dikunjungi Kapolda,” ujarnya sembari tersenyum.
Kombes Wijatmika menjelaskan, saat ini jumlah anggota Satuan Briomob Polda Jatim sebanyak 2.003 personel. Namun sesuai Daftar Susunan Personel dan Perlengkapan (DSPP) mencapai 3.000 lebih personel. Untuk komparasi usia personel yang muda dan tua saat ini masih 50:50 atau separo tua separo muda. [bed]

Tags: