Dirjen Tanaman Pangan Serahkan Kartu KUR

Suasana akrap Dirjen Tanaman Pangan, Direktur BNI dan Danrem sebelum acara penyerahkan Kartu KUR dilaksanakan secara bergantian. [hasan amin/bhirawa]

Mojokerto, Bhirawa
Angin segar kini sedang berhembus di kalangan petani, betapa tidak. Sejak Presiden Jokowi mencanangkan Indonesia harus bisa swasembada pangan, tiga tahun lalu. Maka para petanipun mendapat perhatian khusus.
Mulai pemberian subsidi pupuk, peminjaman mesin pertanian, pembagian benih, asuransi tanaman, kartu tani. Bahkan untuk modal pengolahan lahanpun pemerintah menyediakan pinjaman modal berupa Kartu KUR (Kredit Usaha Rakyat)
Sebagaimana yang diserahkan Dirjen Tanaman Pangan Deptan, Ir Gatot Irianto kepada para perwakilan petani di wilayah Korem 082/CPYJ Mojokerto, dengan mengambil tempat di Makorem 082/CPYJ Mojokerto, Jl A Yani, Mojokerto, Rabu (10/1) kemarin.
Pada kegiatan ini secara bergantian Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Ir Gatot Iriyanto, Danrem 082/CPYJ Mojokerto, Kol Kav Gathut Setyo Utomo. Direktur Bank Negara Indonesia (BNI), Adi Sulistiyo Wati telah menyerahkan Kartu KUR.
Dilanjutkan dengan penandatanganan komitment bersama Dandim sejajaran Korem 082/CPYJ. Pimpinan Cabang BNI. Kadistan yang disaksikan Pemimpin Hubungan Kelembagaan Shadiq Aksya dengan para Dandim Jajaran Korem, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kota/Kabupaten sewilayah Korem 082, para Gapoktan dan pengusaha penggilingan padi dari Mojokerto, Jombang, Kediri, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.
Dalam sambutannya Danrem, Kolonel Kav Gathut menyampaikan selamat datang kepada Dirjen Tanaman Pangan yang sudah kesekian kalinya hadir di Korem 082. Sedangkan kepada para ketua Gapoktan pihaknya mengajak supaya meningkatkan produtifitas tanaman padi dengan benar dan profesional agar kita benar-benar mampu berswasembada pangan.
”Demikian juga soal tata cara dan syarat menggunakan kartu Tani dan Kartu KUR, hendaknya disimak dengan benar penyampaian dari Direktur BNI tentang Kredit Usaha Tani (KUR),” pintanya. [min]

Tags: