Bupati Lamongan Jamin Pemasaran Jagung Petani

Bupati Fadeli melakukan panen raya.

Lamongan, Bhirawa
Terkait pemasaran yang dikhawatirkan oleh para petani jagung, Bupati Fadeli menjamin bahwa berapapun hasil jagung akan dibeli. Hal tersebut disampaikannya saat acara Panen Raya Jagung Musim Panen 2018 di Desa Slaharwotan Kecamatan Ngimbang, Kamis (11/01). “Telah ada beberapa perusahaan seperti pakan ternak di Kecamatan Brondong dan Japfa yang akan membeli berapapun jumlah produksi jagung di Kabupaten Lamongan,” ungkap Fadeli.
Fadeli juga mengungkapkan bahwa 60% pertanian jagung Lamongan sudah modern. “Kurang lebih 60% pertanian jagung di Kabupaten Lamongan sudah modern, dengan menggunakan teknologi modern produkstivitas jagung yang pada tahun 2016 hanya 5,6 ton per hektar pada tahun 2017 menjadi 8,1 ton per hektar,” ungkap Fadeli.
Fadeli menuturkan jika pertanian jagung modern telah 100% diterapkan maka akan meningkatkan produktivitas jagung lebih tinggi lagi. “Target kita selama 3 tahun harus dapat mencapai produktivitas 10 ton per hektar dan itu akan kita targetkan tercapai pada tahun 2019 mendatang,” lanjut Fadeli.
Dalam acara yang sama hadir Prof Cholil Mahfud yang memberikan penjelasan teknis pertanian jagung. “Sampai dengan saat ini kita telah merekomendasikan 6 varietas bibit jagung, namun tidakmenutup kemungkinan untuk menambah daftar rekomendasi varietas tersebut. Masyarakat dapat membuat demplot sendiri seperti yang telah dilakukan pada Kecamatan Brondong. Disana terdapat 13 varietas yang dicoba jika memang hasilnya samamaka varietas tersebut juga akan kami rekomendasikan,” ungkap Prof Cholil Mahfud.
Prof Cholil Mahfud menjelaskan bahwa hasil penelitian di Banyubang tahun 2016 terkait varietas bibit jagung bisa saja tidak berlaku umum karena dipengaruhi oleh tanah dan lingkungan. Dalam acara tersebut selain melakukan panen raya jagung, Bupati Fadeli yang didampingi oleh Dandim 0812, Prof Cholil Mahfud dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura juga melakukan Tanam jagung dan Tanam Kelengkeng.
Menurut Camat Ngimbang Roziqin, di Kecamatan Ngimbang terdapat 4.331 ha luas tanam jagung. Dan seperti yang diinstruksikan Bupati Fadeli untuk menanam tanaman holtikulturan dan buah-buahan di pekarangan rumah, di Kecamatan Ngimbang terdapat desa percontohan tanaman kelengkeng di Desa Slaharwotan dan Desa Girik 1.250 pohon, Buah naga di Desa Kedungmentawar 1.000 pohon. Dia juga menjelaskan bahwa produktivitas jagung pada bulan januari 2018 anatar 8,2 sampai dengan 10,5 ton per hektar (pipilan kering). [yit,mb9]

Tags: