9 Parpol Rekom Ketua PWI Pusat Rebut Jabatan Bupati Tulungagung

Margiono saat memberi keterangan pers beberapa waktu lalu.

Tulungagung, Bhirawa
Ketua PWI Pusat, Margiono, rencananya hari ini, Rabu (10/1) pukul 13.00 WIB, bakal melakukan pendaftaran sebagai Calon Bupati Tulungagung 2018-2023 di Kantor KPU Tulungagung. Ia yang berpasangan dengan dalang wayang kulit yang juga Kepala Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu, Eko Prisdiyanto, telah mengantongi surat rekomendasi dari sembilan partai politik (parpol).
Ketua DPC Partai Demokrat Tulungagung, Sofyan Heryanto SE, pada Bhirawa, Selasa (9/1), membenarkan jika pasangan Margiono – Eko Pridiyanto akan melakukan pendaftaran pada hari ini, Rabu (10/1). “Kami bersama pengurus 8 partai lain yang mengusung pasangan Margiono – Eko Prisdianto akan mengantar ke KPU Tulungagung besok (hari ini),” ujarnya.
Menurut dia, pasangan Margiono – Eko Prisdianto telah mengantongi 9 surat rekomendasi dari sembilan parpol untuk maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung Tahun 2018. Ke-9 parpol yang telah memberi surat rekomendasi itu masing-masing adalah Partai Demokrat, PKB, Partai Hanura, Partai Gerindra, PAN, PKS, Partai Golkar, PPP dan PBB.
“Pemberian surat rekomendasi pada pasangan Margiono – Eko Prosdianto sudah fixed. Tinggal besok (hari ini) melakukan pendaftaran di KPU Tulungagung,” paparnya.
Sofyan Heryanto tidak menampik dengan diborongnya surat rekomendasi dari 9 parpol tersebut oleh pasangan Margiono – Eko Pridiyanto menutup kemungkinan adanya pasangan poros tengah yang diusung oleh parpol. Masalahnya, representasi kursi di DPRD Tulungagung sudah terbagi pada dua pasangan. Yakni pasangan petahana (incumbent), Syahri Mulyo SE MSi – Drs Maryoto Birowo yang diusung PDI Perjungan serta Partai Nasdem, dan pasangan Margiono – Eko Prisdiyanto yang diusung 9 parpol.
Jika dihitung berdasar kursi di DPRD Tulungagung, pasangan petahana diusung oleh gabungan parpol berjumlah kursi 13. Sementara pasangan Margiono – Eko Pridiyanto diusung gabungan parpol dengan jumlah kursi 37.
Seperti diketahui PDI Perjuangan di DPRD Tulungagung memperoleh kursi sebanyak 12 kursi dan Nasdem ( 1 kursi). Sedang Partai Gerindra mendapat 7 kursi, Partai Hanura (6 kursi), PKB (6 kursi), Partai Golkar (5 kursi), PAN (5 kursi), Partai Demokrat (4 kursi), PKS (2 kursi), PPP (1 kursi) dan PBB (1 kursi).
Sementara itu, Ketua KPU Tulungagung, Suprihno SPd MPd, Selasa (9/1), menyatakan masa pendaftaran pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2018 akan berakhir hari ini, Rabu (10/1). Sampai kemarin, KPU Tulungagung baru menerima pendaftaran dari pasangan petahana yang melakukan pendaftaran pada Senin (8/1).
“Besok (hari ini) kami tunggu bagi pasangan yang mau mendaftar sampai pukul 24.00 WIB. Khusus untuk besok memang kami jadwalkan pendaftaran sampai tengah malam,” paparnya.
Informasi yang diperoleh Bhirawa menyebutkan, selain pasangan Margiono – Eko Prisdiyanto, pada hari ini juga pasangan perseorangan (independen) H Suparlan – H Suprayitno juga akan melakukan pendaftaran. (wed)

Tags: