2018, Calon Haji Bojonegoro Didominasi Petani dan PNS

Foto Ilustrasi

Bojonegoro, Bhirawa
Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, Masrukhin mengatakan, jika para calon jamaah haji (CJH) pada tahun 2018 dari Bojonegoro didominasi petani dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
“Tahun 2018 ini masyarakat yang bersetatus Pegawai Negeri Sipil juga banyak yang akan berangkat haji,” kata Masrukhin, kemarin (14/1).
Banyaknya jemaah yang berasal dari PNS berdasarkan data antrian awal pendaftaran, meskipun begitu masih banyak petani, hal itu menandakan perekonomian di Bojonegoro massih terbilang baik.Di Bojonegoro ada puluhan ribu masyarakat yang sudah mendaftar sebagai calon jemaah haji.
“Pada tahun 2018 ini Calon Jemaah Haji (CJH) Bojonegoro yang akan diberangkatkan sebanyak 1.231 orang,” jelasnya.
Dari 1.231 orang itu kini sudah melakukan pemberkasan awal seperti melengkapi semua persyaratan maupun foto untuk pembuatan paspor.
Sedangkan untuk biaya haji tahun 2018 ini sementara tidak ada kenaikan, yakni masih Rp 35 juta, untuk setoran awal pendaftaran Rp 25 juta, sedangkan untuk pelunasan sebelum jemaah diberangkatkan ke tanah suci.
“Kalau untuk pelunasan biaya haji sekitar 2 sampai 3 bulan sebelum berangkat ke tanah suci,”imbuhnya.
Tingginya animo masyarakat Bojonegoro yang ingin mendaftar haji, terbukti daftar tunggu keberangkatan mencapai 21 tahun. Untuk calon jemaah haji tahun 2018 ini masih didominasi usia menengah yakni antara 40 – 50 tahun. Sedangkan untuk Lansia juga ada sekitar 30%.
“Dan PNS dan petani masih mendominasi profesi yang akan berangkat pada tahun 2018,” pungkasnya. [bas]

Tags: