Sejahtera Melalui Dikkes

Drs H Setiyono MSi

Drs H Setiyono MSi
Program prioritas Wali Kota Pasuruan, Drs H Setiyono M.Si adalah kesejahteraan masyarakat melalui sektor pendidikan dan kesehatan (Dikkes).
Melalui misi itu, akan terus direalisasikan dengan melakukan sejumlah program inovatif. Tentu saja, rangkaian program pemerintahan yang telah disusun, tidak bisa lepas dari peran serta pemegang kebijakan. Termasuk kebijakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Adapun efektivitas program yang dijalankan oleh masing-masing OPD, diharapkan terasa manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Contohnya yakni program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) harus membutuhkan ketelitian OPD. Baik proses pendataan hingga survei.
Pihak OPD harus memiliki target penyelesaian RTLH sehingga bisa mempertanggungjawabkan kepada masyarakat. “Satker harus memiliki data akurat sejak awal. Berapa sasaran RTLH, berapa anggaran yang dibutuhkan serta yang terpenting adalah capaiannya itu. Dengan demikian, masyarakat bisa tahu realisasi bantuan yang menggunakan anggaran daerah,” papar Wali Kota Pasuruan, Drs H Setiyono M.Si, Rabu (20/12).
Sedangkan untuk kesejahteraan masyarakat, Dikkes merupakan fondasi pembangunan masyarakat. Karenanya, pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan menjadi skala prioritas pada pemerintahannya.
“Terkait pendidikan dan kesehatan, kami memang menaruhnya sebagai skala prioritas. Reformasi manajemen di RSUD dr R Soedarsono, Kota Pasuruan agar bisa memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat. Termasuk melakukan pembenahan didalamnnya serta melengkapai sarana dan prasaranya. Semua itu bertujuan agar masyarakat Kota Pasuruan saat berobat tak perlu jauh-jauh ke luar kota,” terang mantan Sekda Kota Pasuruan.
Dengan pemenuhan kebutuhan dasar yakni Dikkes, maka kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. “Pendidikan dan kesehatan saat ini menjadi kebutuhan dasar. Jika keduanya itu terpenuhi, otomatis kesejahteraan masyarakat meningkat. Serta yang tak kalah pentingnya adalah masalah penanggulangan kemiskinan bisa ditekan semaksimal mungkin,” jelasnya. [hil]

Rate this article!
Sejahtera Melalui Dikkes,5 / 5 ( 1votes )
Tags: