Pawai Produk Pertanian Awali Pembukaan Blitar Agro Festival 2017

Bupati Blitar Drs H Rijanto MM saat memberangkatkan Pawai Produk Pertanian Kabupaten Blitar 2017, Selasa (5/12). [hartono/bhirawa]

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pelaksanaan Pawai Produk Pertanian mengawali agenda Blitar Agro Festival 2017 Kabupaten Blitar.
Diikuti 700 peserta dengan 80 kendaraan dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar, pawai tersebut menampilkan produk pertanian berupa tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan maupun perikanan.
Pawai diberangkatkan langsung Bupati Blitar Drs H Rijanto MM, Selasa (5/12) kemarin dengan start di pertigaan Tlogo Kanigoro dan finish di Kantor Sekretariat Pemkab Blitar.
Bupati Blitar Drs H Rijanto MM mengatakan kegiatan Blitar Agro Festival ini digelar untuk untuk mempromosikan dan mengangkat potensi pertanian serta sebagai bentuk kepedulian Pemkab Blitar terhadap sektor pertanian. Selain itu dengan kegiatan Blitar Agro Festival ini pihaknya juga berharap ke depan mampu mendorong dan meningkatkan daya saing produk-produk pertanian dari Kabupaten Blitar.
“Banyak potensi pertanian Kabupaten Blitar yang sangat luar biasa, inilah yang harus kita kembangkan dan kita tingkatkan dari segi kualitas maupun kuantitas. Dengan demikian kita yakin sektor pertanian di Kabupaten Blitar akan semakin berkembang pesat,” kata Bupati Rijanto.
Dalam kesempatan itu Bupati Rijanto juga mengucapkan terima kasihnya untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar yang ikut berpartisipasi menyukseskan pawai. Dengan adanya Blitar Agro Festival Bupati Rijanto juga mengajak masyarakat Blitar untuk melihat dan hadir menambah ilmu pengetahuan tentang dunia pertanian di Kabupaten Blitar dengan karakteristik tanah pertanian setempat yang berbeda.
“Ayo lihat Blitar Agro Festival, ini demi generasi bangsa yang cinta Tanah Air dan bangga menjadi petani di Kabupaten Blitar. Selain itu kita juga akan mengetahui banyak hal tentang dunia pertanian lainnya,” jelasnya.
Menurut Rijanto pihaknya juga mendorong agar kegiatan ini digelar setiap tahun karena bisa menimbulkan efek yang sangat positif. Di mana masyarakat setempat bahkan daerah lain bisa mengetahui potensi pertanian yang dimiliki Kabupaten Blitar. “Tentunya hal ini akan mendorong pembangunan. Dan bisa meningkatkan potensi pertanian yang ada menjadi semakin berkembang,” terangnya.
Untuk diketahui Blitar Agro Festival ini dilaksanakan mulai 5-7 Desember 2017 yang diselenggarakan di halaman Pendopo Sasana Adi Praja di Kecamatan Kanigoro dan diikuti oleh peserta baik dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat regional. Kegiatan ini memamerkan produk unggulan dan teknologi pertanian di antaranya berbagai jenis buah-buahan, sayuran, pangan olahan, alat-alat pertanian dan sebagainya sebanyak 100 stan. Pameran Blitar Agro Festival ini dibuka secara resmi oleh Bupati Blitar Drs H Rijanto MM. [adv.htn]

Tags: