Mulailah Pendidikan Sedini Mungkin

Ribuan murid PAUD seKabupaten Nganjuk memeriahkan Gebyar PAUD bersama Plt Bupati Nganjuk KH Abdul Wahid Badrus.(ristika/bhirawa)

Nganjuk, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggelar kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan yang digelar di GOR Bung Karno tersebut bertujuan membentuk anak indonesia yang berkualitas, yang tumbuh berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.
Sedikitnya 100 orang Pendidik PAUD berpartisipasi dalam pentas tari topeng dan senam happy PAUD yang diikuti 3000 anak-anak Paud seKabupaten Nganjuk.
Dalam sambutannya, Plt Bupati Nganjuk KH Abdul Wahid Badrus menyampaikan bahwa pendidikan adalah aset penting bagi kemajuan suatu bangsa dan negara, oleh karenanya, setiap warga negara wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, hingga ke perguruan tinggi. “Setiap warga negara wajib mengenyam pendidikan, mulai dari pendidikan usia dini, SD, SMP, SMA sampai ke Universitas. Sebab, pendidikan sangatlah penting bagi pertumbuhan generasi bangsa, ” ujar Abdul Wahid Badrus.
Dikatakan pula, dengan gebyar PAUD diharapkan mampu meningkatkan kreativitas siswa PAUD, keberanian siswa PAUD, meningkatkan kerjasama, motivasi dalam pembelajaran siswa PAUD. Sehingga kedepannya mereka memiliki kesiapan optimal dalam memasuki pendidikan dasar. Selain itu pendidikkan usia dini dapat menyiapkan anak dalam mencapai kesiapan belajar disekolah. ” Pendidkan anak usia dini harus melalui pendekatan sejak awal, dan tidak hanya menekankan pada pendidikan semata, tetapi juga mencakup aspek pelayanan gizi, kesehatan, pengasuhan, perlindungan anak serta pendekatan keluarga yang merupakan pondasi awal untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial, ” tambah Abdul Wahi Badrus.
Dijelaskan pula, PAUD merupakan tempat bermain dan juga belajar membentuk karakter, karena itu harus mengarahkan anak-anak PAUD ke hal-hal yang baik. “Diibaratkan pohon bila ditanam dengan bibit bagus akan hasilkan buah yang bagus, bibit ini ibaratnya ditanam kepada anak-anak mulai di lembaga PAUD, nantinya akan ada kecerdasan emosional dan intelektual bagus yang terbentuk saat dewasa nanti,” pungkas Abdul Wahid Badrus.(adv.ris)

Rate this article!
Tags: