Luncurkan Program Seruni

Eka Hafi Lutfi

Eka Hafi Lutfi

Prihatin dengan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Malang yang cukup tinggi, membuat Eka Hafi Lutfi harus memutar otak untuk membuat inovasi baru. Setelah melalui proses yang cukup matang, akhirnya eka yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang ini pun membuat program Sosialisasi Edukasi Rambu-rambu Lalu Lintas untuk Usia Dini disingkat Seruni.
“Saya sangat prihatin dengan jumlah kecelakaan di Kabupaten Malang. Apalagi korban kecelakaan didominasi para remaja atau pada usia produktif. Oleh karena itu, saya membuat terobosan baru untuk memberikan pemahaman soal lalu lintas pada anak sejak dini,” ujarnya.
Menurut dia, program Seruni ini sasarannya adalah anak usia dini, seperti murid pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), siswa sekolah dasar (SD), sekeloh menengah pertama (SMP), dan bahkan tidak menutup kemungkinan sosialisasi juga dilakukan pada anak usia remaja yakni siswa sekolah menengah atas (SMA). Sehingga dengan kita memberikan sosialisasi terkait pendidikan dalam memahami rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan raya, maka diharapkan bisa untuk menekan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Malang.
“Sosialisasi Seruni dengan sasaran anak-anak usia dini, hal itu akan lebih mudah memahami dan mengerti tentang rambu-rambu lalu lintas, serta nantinya juga dapat diterapkan saat mereka sudah menginjak remaja,” papar Lutfi.
Anak usia dini, kata dia, lebih mudah dalam berpikir karena mereka masih murni, sehingga mudah untuk dimasuki ilmu yang positif. Sedangkan metode pembelajaran yang akan kita berikan yaitu melalui tutor. Sehingga pembelajarannya tidak dalam kelas, tapi pembelajarannya secara langsung dilapangan dengan menggunakan kendaraan. Hal tersebut agar mereka dapat secara langsung mengetahui bentuk rambu dan arti atau makna dari rambu-rambu lalu lintas tersebut.
“Kami persiapkan dua unit kendaraan bus berukuran tiga perempat, dan setiap kendaraan nantinya akan ada satu orang tutor yang menjelaskan pada anak-anak. Dan kendaraan itu pun nantinya juga akan dihias agar siswa sekolah usia dini bisa betah dan senang untuk mengikuti Seruni yang dilakukan petugas Dishub Kabupaten Malang,” terangnya.
Lutfi mengatakan, dalam kendaraan itu juga ada permainan edukasi, agar anak-anak itu lebih senang dan nyaman untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan. Sedangkan bus Seruni itu, sifatnya sebagai mobile keliling, sehingga bus Seruni tersebut bisa masuk ke desa-desa. Dan untuk jadwal kunjungan ke sekolah-sekolah, tentunya Dishub akan menjadwalkan.
“Kami akan melounching Program Seruni pada tahun 2018 mendatang, karena saat ini pihaknya masih taraf menjalin kerjasama dengan Bunda PAUD, yang dalam hal ini adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang Ibu Jajuk Rendra Kresna,” tandasnya. [cyn]

Rate this article!
Luncurkan Program Seruni,5 / 5 ( 1votes )
Tags: