Kwarcab Pramuka Canangkan Gerakan Sejuta Biopori

Kak Timbul memimpin pencanangan aksi lingkungan gerakan sejuta biopori.

Probolinggo, Bhirawa
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Timbul Prihanjoko melakukan pencanangan gerakan sejuta biopori, di lapangan SMA Taruna Dra Zulaeha Leces. Kegiatan ini diikuti oleh peserta 500 peserta yang terdiri dari seluruh siswa SMA Taruna Dra Zulaeha Leces dan SMAN 1 Leces dari kelas X, XI dan XII. Selanjutnya kegiatan ini akan berlanjut secara estafet ke-24 Kwartir Ranting se-Kabupaten Probolinggo.
“Pembuatan lubang resapan biopori ini bertujuan untuk meresapkan air hujan. Biopori sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air tanah, mengurangi genangan air permukaan serta mencegah banjir,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Timbul Prihanjoko, Rabu (20/12) kemarin.
Menurut Wakil Bupati Probolinggo ini, untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup harus dilakukan secara terus menerus dengan cara memperbaiki kualitas air dan tanah. “GerakansejutabioporipramukaJawa Timur akan dilaksanakan selama 30 hari sebagai wujud turut peran serta pramuka dalam melestarikan lingkungan,” tegasnya.
Kegiatan aksi lingkungan sejuta biopori se-JawaTimurinidimulai 18 Desember 2017 hingga 18 Januari 2018 yang diikuti oleh pramuka penggalang/penegak/pandega se-Jawa Timur. Setiap Kwarcab Kabupaten/Kota diploting membuat biopori (LRB) sebanyak 27.000 dalam 30 hari.
Bahwa aksi pembuatan lubang resapan biopori ini bertujuan untuk meresapkan air hujan. Biopori sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air tanah, mengurangi genangan air permukaan serta mencegah banjir.
“Untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup harus dilakukan secara terus menerus dengan cara memperbaiki kualitas air dan tanah. Gerakan sejuta biopori pramuka Jawa Timur akan dilaksan akan selama 30 hari sebagai wujud turut peran serta Kwartir Daerah Pramuka dalam melestarikan lingkungan,” ungkapnya.
Selesai apel pembukaan Kak Timbul Prihanjoko beserta sejumlah pengurus diikuti para peserta dari seluruh siswa SMA TarunaDraZulaehaLecesdan SMAN 1 Leces membuat biopori di halaman SMA Taruna Dra Zulaeha Leces. [wap]

Tags: