Ingatkan Kades Terlantik Hati-Hati Kelola ADD

Bupati Syahri Mulyo saat mengambil sumpah jabatan lima kades terlantik di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (27/12).

Tulungagung, Bhirawa
Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi, mengingatkan lima kepala desa (kades) yang dilantik, Rabu (27/12), untuk lebih berhati-hati dalam mengelola dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) yang kini mencapai lebih dari Rp 1 miliar.
“Hati-hati, dana yang mengucur ke desa saat ini sudah mencapai lebih dari Rp 1 miliar. Namun demikian jangan pula takut untuk mengelolanya,” ujarnya.
Menurut mantan legislator DPRD Jatim ini, dari lima kades yang dilantik kemarin, dua orang di antaranya belum pernah menjabat sebagai kades. Sementara yang tiga orang lainnya merupakan pejabat lama yang terpilih kembali sebagai kades.
“Karena itu pesan kami lebih dikhususkan lagi bagi dua kades yang baru dilantik. Mereka berdua masih baru sama sekali sebagai kades. Mereka berdua harus menyesuaikan dari kades terdahulu,” paparnya.
Bupati Syahri Mulyo berharap semua kades terlantik dapat bekerja sesuai aturan yang berlaku. “Kami yakin mereka semua dapat bekerja dengan baik. Dapat bekerjasama dengan perangkat desa. Apalagi ada yang sudah berpengalaman menjadi kades. Dan yang baru menjadi kades pun merupakan mantan fasilitator PNPM Mandiri,” paparnya.
Hal yang sama dikatakan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, yang juga hadir di acara pelantikan lima kades bersama anggota Forkopimda Tulungagung lainnya. Ia menyatakan dana yang telah mengucur sebegitu besar ke desa agar dapat dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan di desa.
“Kalau ada yang masih ragu semisal menyusun APBDes. Mereka jangan segan-segan konsultasi ke kecamatan atau yang lebih tinggi lagi. Ini agar jangan sampain menimbulkan kesulitan dikemudian hari,” tandasnya.
Adapun kelima kades yang dilantik sebagai kades baru, masing-masing adalah Kades Kauman Kecamatan Kauman, Brida Mardi Utomo, Kades Tunggangri Kecamatan Kalidawir, Sri Ailatin, Kades Gedangan Kecamatan Karangrejo, Somoro, Kades Pagerwojo Kecamatan Pagerwojo, Adi Setyono dan Kades Pojok Kecamatan Ngantru, Kasiyanto. Khusus untuk Kasiyanto dilantik sebagai kades merupakan hasil PAW (pergantian antarwaktu), sedang empat kades lainnya hasil pilihan langsung secara serentak.(wed)

Tags: