Produksi Ikan di Pantai Sendangbiru Kab.Malang Turun 18 Persen

TPI Pondok Dadap, Desa Tambakrejo, Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang terlihat sepi penjual ikan hasil tangkapan nelayan pantai setempat.

Kab.Malang. Bhirawa.
Nelayan Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pada musim penghujan seperti sekarang ini, telah mengalami penurunan produksi mencapai 18 persen.
Dan jika melihat data yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang, yakni pada tahun 2014 produksi ikan nelayang Pantai Sendangbiru mencapai 11 ribu ton. Kemudian pada 2015 produksi ikan meningkat sebesar 3.10 persen atau produksi ikan naik mencapai 11.421 ton.
“Namun, pada dua tahun terakhir ini, produksi ikan yang dihasilkan nelayan Pantai Sendangbiru tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena hal itu dikarenakan faktor cuaca, sehingga hasil tangkapan ikan nelayan tersebut terus terjadi penurunan,” ungkap Kepala DKP Kabupaten Malang Endang Retnowati, Rabu (22/11), kepada wartawan.
Dikatakan, jika tahun 2017 ini terjadi penurunan hasil tangkapan ikan nelayan Pantai Sendangbiru, hal itu dipengaruhi ombak besar di wilayah pesisir laut Pantai Malang Selatan. Apalagi memasuki akhir tahun ini, cuaca buruk terus melanda wilayah pesisir pantai Malang Selatan. Sementara, cuaca buruk yang sering terjadi di pesisir laut Pantai Malang Selatan, karena terjadinya siklus tahunan. Sehingga dengan adanya musim penghujan seperti sekarang ini, ombak pantai selatan naik dan menyebabkan gelombang laut tinggi.
“Tingginya gelombang laut itu, secara otomatis telah berdampak pada hasil tangkapan ikan nelayan Pantai Sendangbiru turun sebesar 18 persen. Sehingga dengan turunnya produksi ikan nelayan setempat, maka juga mempengaruhi pendapatan mereka,” ujar Endang.
Menurutnya, potensi tangkap ikan di sepanjang garis pesisir laut pantai di wilayah Malang Selatan, sejauh 102,62 kilometer, seharusnya dapat menghasilkan ikan sebanyak 403.000 ton per tahun. Namun, saat ini yang bisa di eksplorasi baru mencapai 3,7 persen. Sehingga untuk alternatif menambah produksi ikan, maka pihaknya berupaya menjalankan penguatan Sumber Daya Manusia(SDM). Sedangkan untuk melakukan penguatan SDM itu,maka akan kita lakukan dengan cara melakukan pelatihan budidaya ikan kepada para nelayan dan warga yang berada di sekitar Pantai Sendangbiru.
“Dengan dilakukan pelatihan budidaya ikan kepada nelayan dan warga, hal itu dimaksudkan agar bisa memberikan hasil yang optimal dalam memproduksi ikan. Sehingga dengan memberikan salah satu usaha yang dilakukan diantarnya pembuatan pakan untuk ikan budidaya, agar tidak tergantung dengan pembelian pakan di toko atau pabrik,” jelasnya.
Dan tidak hanya sebatas pelatihan budidaya ikan saja, lanjut Endang, nelayan juga akan kita berikan bimbingan tentang pemasaran ikan hasil budidaya. Sehingga ketika cuaca buruk di pesisir laut Pantai Selatan, meski mereka tidak melaut, namun mereka tetap akan memperoleh hasil dari budidaya ikan, baik itu ikan air tawar maupun ikan budidaya ikan laut. [cyn]

Tags: