Persediaan Kotak Suara KPUD Jombang Diperkirakan Masih Cukup

Perbaikan kotak suara di gudang logistik KPUD Jombang, Selasa siang (21/11). [Arif Yulianto/ Bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Persediaan kotak suara yang ada di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jombang saat ini di perkirakan masih sangat mencukupi untuk kebutuhan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Jombang tahun 2018 nanti.
Hal itu di katakan Ketua KPUD Jombang, Muhaimin Shofi kepada wartawan, Selasa siang (21/11). Ia menjelaskan, jumlah persediaan kotak suara yang merupakan sisa dari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 1999, masih sangat cukup.
“Persediaan logistik kotak suara yang ada di kita ada 11 ribu lebih, sedangkan kebutuhan untuk Pilbup dan Pilgub sekitar 4 ribu lebih, jadi masih cukup,”ungkap Muhaimin.
Data kebutuhan kotak suara untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) Jombang dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang ada di Kantor KPUD Jombang adalah 2.147 kotak suara untuk Pilbup di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 2.147 kotak suara untuk Pilgub untuk TPS. Angka tersebut adalah kebutuhan kotak suara untuk TPS se-Kabupaten Jombang. Di tambah dengan kebutuhan kotak suara untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejumlah 3 kotak per PPK di kalikan 21 kecamatan di Jombang. Sehingga, kebutuhan total kotak suara di Jombang untuk Pilbup dan Pilgub 2018 nanti adalah 4. 368 kotak suara.
Sementara itu pantauan di gudang logistik setempat, beberapa orang tengah melakukan perbaikan kotak suara. Perbaikan tersebut antara lain pengecekan baut-baut, pembersihan kertas yang tertempel pada pemilu yang lalu, serta presisi ulang kotak suara yang kurang pas.
“Ini kita lakukan sekarang agar efisiensi tenaga dan waktu. Dan juga karena anggarannya dari provinsi (Pilgub), kita perkirakan 9 hari bisa selesai,”tambahnya.(rif)

Tags: