Pemkot Kediri Optimis 1 Bulan, Anggaran JB Rp 7 Miliar Terserap

Kondisi Jembatan Brawijaya.

Kota Kediri, Bhirawa
Kendati tahun anggaran 2017 tinggal 1,5 bulan Pemerintah Kota Kediri optimis bisa melanjutkan pembangunan Jembatan Brawijaya (JB) yang telah lama mangkrak karena tersandung persoalan hukum sejak 4 tahun yang lalu. Anggaran untuk JB pada tahun 2017 senilai Rp7 miliar.
Sekretaris Kota Kediri Budwi Sunu saat dikonfirmasi dengan waktu yang cukup pendek dan anggaran yang relatif besar ini mengaku, dalam melanjutkan pengerjaan Jembatan Brawijaya juga tetap melakukan perhitungan waktu, apa saja yang bisa dikerjakan dengan jangka waktu yang tingal 1 bulan tersebut.
“Bebearap waktu lalu sudah di cek ulang, dan dalam waktu dekat ada sesatu pekerjaan yang bisa dilaksanakan, misalnya pengaspalan, yang terpenting itu bisa dilewati dahulu. Untuk masalah aksesoris jelmbatan, lalupu-lampu dan lain-lain diteruskan pada 2018’kata Sekda Budwi Sunu.
Lebih lanjut, dia mengatakan jika tahun 2017 ini yang bisa dikerjakan untuk melanjutkan pemvbanguan jembatan tersebut dan sesuai perhitungan waktu adalah pengaspalan dan pembuatan akses dari jembatan ke jalan raya, sehingga dapat jembatan tersebut secepatnya bisa diliweati oleh masyarakat.
“Pengaspalan dan akses jalan menuju jalan raya ya yang munkin dapat dikerjakan, dan untuk anggaran tahun 2017 ini sekitar Rp 7 miliar. Mohon doanya bersama”tandas Sekda .
Dari informasi yang berhasil dihimpun , Pemerintah Kota untuk melanjutkan pembangunan jembatan tahun 2018 mengajukan anggaran sebesar 15 miliar , dan pengajuan anggaran ini telah disepakati DPRD kota kediri.
Wali Kota kediri Abdullah Abubakar sebelumnya menjelaskan proses melajutkan jembatan Brawijaya ini adalah berdasarkan Putusan MA Nomor 48 B/Pdt.Sus-Arbt/2016 tanggal 27 Desember lalu.
Sementara Jembatan Brawijaya sendiri diharapkan bakal menjadi akses penghubung wilayah Kecamatan Kota dengan Mojoroto yang terpisahkan oleh Sungai Brantas. Selama ini masyarakat hanya mengandalkan Jembatan Lama yang kondisinya sudah memprihatinkan. [van]

Tags: