Mas Kencak Jadi Maskot POR SD/MI Jatim 2017

Wakil Bupati Lumajang Buntaran Supriyanto ketika membuka acara POR SD/MI di Alun Alun Lumajang.

Lumajang, Bhirawa
Dalam Pekan Olah Raga (POR) SD/MI ke 7 Tahun 2017 di Kabupaten Lumajang kali ini, Kesenian Khas Lumajang Jaran Kencak menjadi Maskot resmi pada POR SD/MI , dengan sebutan “Mas Kencak” .
Kegiatan POR yang rutin digelar dua tahunan ini dibuka oleh Wakil Bupati Buntaran Supriyanto di Alun Alun Lumajang, Senin (13/11) kemarin.
Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran OPD Lumajang, Kadispora Provinsi Jawa Timur, para tim official serta para peserta kontingen di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.
Dalam sambutannya, Buntaran mengatakan bahwa Maskot POR SD/MI tahun 2017 tersebut juga dalam rangka mengenalkan potensi kesenian khas Lumajang yaitu kesenian Jaran Kencak.
“Dinamakan Mas Kencak yang terinspirasi dari budaya khas Lumajang, yaitu Jaran Kencak,” ujarnya. Wabup juga menegaskan bahwa pada pelaksanaan POR itu, nantinya dapat memberikan sebuah makna bahwa tujuan diadakannya agenda tersebut , tidak hanya untuk meraih kemenangan saja tetapi yang lebih penting menurutnya adalah untuk membentuk karakter serta menanamkan jiwa sportifitas anak selaku peserta.
“Pelaksanaan POR bisa dimaknai membentuk karakter, dan sebagai pelatih juga harus bisa memfasilitasi dalam pembentukan karakter itu,” jelasnya. Sedangkan menurut Kadispora Provinsi Jawa Timur, Sugeng Riyono pada giat POR tahun 2017 ini, jumlah peserta yang akan berlaga untuk mengikuti lomba sebanyak 3,500 peserta, dengan usia berkisar 10-11 Tahun dari seluruh Kabupaten di Jawa Timur.
“Ada 12 cabor yang akan dilombakan yaitu atletik, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan,bola volley,sepak takraw,pencak silat, catur, renang,senam, panahan dan selam,”pungkasnya. [dwi]

Tags: