Mampu Olah Limbah, PT PJB Siap Rebut Proper Emas

Surabaya, Bhirawa
PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) siap menyabet Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Emas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai perusahaan yang berhasil mengolah limbah dan melestarikan lingkungan.
“Sebagai anak perusahaan PLN, kami berkomitmen untuk selalu peduli lingkungan dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam,” kata Direktur Operasional 1 PJB Sugianto saat Gelar Bersih Pantai di Taman Suroboyo Pantai Kenjeran Surabaya, Selasa (14/11).
Menurutnya, Unit Pembangkitan (UP) Gresik, Muara Tawar dan Paiton sebelumnya berhasil meraih Proper Hijau karena dinilai melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan.
“Abu batu bara yang dihasilkan sebanyak 800-1.500 ton dan sebesar 95% sudah dibawa ke pabrik semen di Tuban untuk dipakai sebagai salah satu bahan baku semen ini menandakan jika abu itu tidak berbahaya,” ungkap Sugianto.
Di seluruh UP PJB menurutnya, mempunyai sistem pengelolaan lingkungan serta menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat, termasuk melakukan upaya 3R (Reduce, Reuse, Recycle). PJB lanjutnya akan terus mendukung program pelestarian lingkungan yang dilakukan pemerintah.
Seperti yang dilakukan pada Selasa kemarin, di mana ribuan orang dari unsur masyarakat, pemerintah, dan swasta kumpul di kawasan Lebak dalam rangka mendukung komitmen Indonesia mengurangi sampah plastik di laut sebesar 70% sampai dengan 2025.
Kerjasama antara Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Ditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur, Pemkot Surabaya, dan PT PJB menyelenggarakan Gerakan Bersih Pantai di Taman Suroboyo Pantai Kenjeran, Surabaya terbukti cukup ampuh menggugah semangat masyarakat.
“Kami selalu mendukung kegiatan pelestarian alam dan pemanfaatan limbah menjadi bahan ramah lingkungan dan punya nilai ekonomis tinggi,” jelsanya. [ma]

Tags: