Lulusan SMK Ikuti Prinsip BMW

Heri Subagio

Heri Subagio

Lulusan SMK memiliki keutamaan dalam hal keterampilan. Targetnya adalah lulus dan langsung bisa bekerja. Meski demikian, bukan berarti lulusan SMK hanya bisa menjadi tenaga kerja bayaran. Menjadi lebih dari itu, mereka pun bisa.
Kepala SMK Farmasi Surabaya Heri Subagio meyakini, lulusan SMK punya potensi luas. Lulus dari SMK, siswa memiliki banyak pilihan. Bisa langsung bekerja, kuliah di perguruan tinggi atau memulai wirausaha.
“Prinsipnya seperti BMW. Bekerja, Melanjutkan atau Wirausaha,” terang Heri.
Karena luaran yang variatif itu, mendidik siswa SMK juga perlu cara beragam. Untuk bekal kerja, siswa telah dicukupi dengan mempelajari pelajaran dan praktikum di sekolah. Sedangkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, siswa telah dibiasakan dengan riset ilmiah. Hasilnya, bermacam-macam inovasi yang unik dan menarik.
“Dalam pelajaran IPA itu terdapat metodologi penelitian. Setiap anak kita langsung beri tugas untuk membuat karya ilmiah,” tutur Heri. Tugas tersebut pada dasarnya hanya untuk mengetahui kemampuan dan minat anak didiknya terhadap penelitian.
“Kalau ada karya ilmiah yang bagus, ya kita fasilitasi selanjutnya untuk meraih prestasi,” terang Heri.
Melalui aktifitas riset ini, Heri sejatinya tidak hanya berharap hadirnya berbagai karya ilmiah. Lebih dari itu, melalui riset siswa juga dididik karakternya untuk berfikir secara kritis, membuat analisa dan memiliki pemahaman secara kompleks. “Karena melalui penelitian itu berbagai disiplin keilmuan itu disinergikan,” kata dia.
Terakhir, tentang kewirausahaan. Para siswa di SMK Farmasi Surabaya telah cukup punya pengalaman dalam mengola bisnis. Heri mengaku, di sekolahnya terdapat kelompok siswa yang telah memiliki produk berupa syirup herbal. Syrup ini jarang ada di pasaran sehingga persediannya terus habis karena diburu pembeli.
“Khususnya anak-anak dari keluarga yang tidak mampu senang sekali dengan kegiatan ini. Karena selain mereka belajar berwirausaha, mereka juga mendapat keuntungan dari penjualannya,” terang Heri. Apakah berwirausaha atau bekerjsa, lanjut Heri, semua lulusan SMK Farmasi didorongnya untuk tetap berkuliah. Sebab, melalui bangku kuliah lulusan SMK akan dapat meningkatkan kualitas dirinya. “Jangan puas di SMK kemudian kerja. Siswa harus kuliah meskipun dengan bekerja,” pungkas Heri. [tam]

Rate this article!
Tags: