Kepala Desa Harus Mampu Jalankan Amanah Rakyat

Tiga belas Kepala Desa usai dilantik berfoto bersama Wakil Bupati Pamekasan Khalil As’ary, Ketua DPRD Pamekasan, Forpimda dan Plt Sekda Pamekasan, Moh Alwi. [syamsudin/bhirawa]

Pamekasan, Bhirawa
Kepala Desa diminta untuk menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat , karena dengan pemilihan kepala desa yang demokratis berarti sudah tegas mandate dan legalitas kepala desa untuk mengatur wilayahnya.
Pesan kepada kepal desa ini disampaikan  Wakil Bupati Pamekasan, Khalil As’ary  saat melantik 13 k  Klebun (Kepala Desa) hasil Pilkades 2017 di Pendopo Ronggosukowati, Kamis(9/11). Menurutnya  pelantikan Kepala Desa ini semoga menjadi momentum dalam menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat karena Perda No. 5 Tahun 2015, tentang  Pemberhentian, Pencalonan, dan Pengangkatan Kepala Desa, bermakna penting pemberian amanat, mandat, legalitas dan pengakuan kewenangan kepada seseorang untuk memangku jabatan tertentu.
“Kepala Desa adalah jabatan strategis dalam  menjalankan program pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat. Maka amanah dan tanggung jawab yang sangat besar untuk mampu menjalankan administrasi desa dengan baik, tertib dan benar. Serta dituntut mampu memimpin dan mengayomi masyarakatnya,” tambahnya.
Hadir dalam pelamntikan kepala desa ini Ketua DPRD Pamekasan, H. Halili Yasin, Forpimda, Kepala OPD, Pengurus Tim Penggerak PKK Kab Pamekasan, Forpimka, Ulama dan masyarakat.
Acaranya, diawali pembacaan SK Bupati Pamekasan oleh Kepala Bapemas &  Pemdes Pamekasan, Ach. Faisol. Dilanjutkan pelantikan, penyematan lencana dan tanda pangkat oleh Wakil Bupati Pamekasan, serta serah terima memori jabatan secara simbolis.
Lebih lanjut, Wabup menekan agar kepala desa harus mematuhi segala ketentuan hukum yang berlaku, bekerja sepenuh hati, iklas dan dipenuhi rasa tanggung jawab yang dilandasi moral, iman dan ahlaq dalam memimpin mengabdikan diri di dunia pemerintahan.
Seorang kepala desa mengabdikan seluruh potensi dan energi untuk melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dan mampu membawa perubahan positif yang signifikan dalam pelaksanaan pembangunan dan Pemerintahan dalam rangka memajukan Desa.
Di sisi lain, kepala desa dituntut untuk menyikapi segala yang terjadi di tengah masyarakat dengan kepala dingin, arif dan bijak. Serta bersikap terbuka, dan mau menerima kritik dan saran dari masyarakat guna perbaikan dan lancarnya pemerintahan desa.
Wabup berharap, kepala desa baru dilantik agar menjaga kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, berilah pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, berupaya selalu bersikap dan bertindak adil, jujur dan ramah dan bekerja sama secara optimal dengan seluruh elemen masyarakat. [din]

Tags: