Instruksikan Tahun Depan Tidak Ada Lagi Gedung Aset Mangkrak

Aset gedung bekas Kantor PU Bina Marga yang berada di Desa Sidomulyo kini sudah dialihfungsikan menjadi Kantor Pajak Pratama Kota Batu. [anas/bhirawa]

Kota Batu, Bhirawa
Dengan telah difungsikan Kantor Balai kota Among Tani Kota Batu sebagai Perkantoran Terpadu tahun ini, praktis membuat beberapa aset gedung milik Pemkot menjadi mangkrak. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengeluarkan instruksi agar tahun depan tidak ada lagi yang belum difungsikan.
Diketahui, semenjak OPD di lingkungan Pemkot Batu pindah ke Perkantoran Terpadu, beberapa aset kantor yang ditinggalkan telah dialih fungsikan, di antaranya dengan disewakan ke institusi yang sedang mencari tempat berkantor. Namun ada juga yang masih belum difungsikan sehingga beberapa gedung aset terlihat tidak terawat.
“Hal inilah yang harus ditindaklanjuti agar tahun depan sudah tidak ada lagi gedung aset Pemkot Batu yang mangkrak,”ujar Plt Walikota Batu, Punjul Santoso, Senin (20/11).
Di antara gedung aset yang belum difungsikan adalah bekas kantor Satpol PP Kota Batu di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, kemudian bekas kantor Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang di Jl. Kartini, Kecamatan Batu. Saat ini, gedung yang bersebelahan dengan markas pemadam kebakaran itu tidak dipakai. Hanya saja, area depan gedung ini dimanfaatkan tempat parkir mobil pemadam kebakaran (PMK).
Sebenarnya, untuk bekas gedung Satpol PP rencananya akan dibeli swasta untuk digunakan sebagai jalan tembus ke lokasi tempat wisata Predator Fun Park. Namun hingga saat ini rencana tersebut belum terealisasi.
Karena dipinjam sewakan, maka tidak ada sedikitpun tarikan untuk meminjam. Hanya dibebankan untuk pembayaran pajak, retribusi, dan lain-lain saja. “Karena dipinjam sewakan jadi gak tarik. Cuman bayar pajak dan lain-lain saja,” jelas Punjul.
Namun demikian, juga ada gedung aset yang sudah difungsikan. Di antaranya bekas kantor Dinas PU Bina Marga di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. Saat ini bangunan tersebut dipergunakan untuk kantor pajak KPP Pratama Batu.
Kemudian bangunan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Jl.Sultan Agung, Kecamatan Batu. Gedung yang bersebelahan dengan Kantor Kejaksaan Negeri (Kajari) Batu ini sudah disewakan. Pihak Kejari rencananya menggunakan gedung ini sebagai tempat persidangan, dengan demikian untuk menggelar sidang, Kejari maupun Warga Kota Batu tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke Kota Malang.
Kemudian ada juga bekas gedung Badan Penanaman Modal di Jl.Sultan Agung. Saat ini gedung tersebut digunakan oleh Dinas Perhubungan sebagai markas pemantauan CCTV. Di area yang sama ada gedung bekas Dinas Pariwisata yang saat ini sudah digunakan oleh kantor BPJS Kesehatan, dan bekas gedung Dispora yang sudah digunakan sebagai kantor KONI Batu.
Selain itu, bekas Kantor Dinas Sosial di Jl. Raya Punten, Kecamatan Bumiaji saat ini sudah digunakan untuk gudang BPBD. Sedangkan di Jl. Raya Sidomulyo, Kecamatan Batu, ada bekas gedung Dinas Pendidikan, Badan Kepegawaian Daerah dan Bappeda. Saat ini ketiga gedung tersebut dijadikan SMAN 3 dan Kantor Panwas Batu.(nas)

Tags: