Bupati Lamongan Imbau Investor Segera Realisasikan

Bupati Fadeli saat meresemikan Pabrik Bata Ringan di Desa Warukulon Kecamatan Pucuk, Selasa (21/11). [Suprayitno/bhirawa]

Lamongan, Bhirawa
Bupati Lamongan Fadeli mewanti-wanti investor yang sudah mengantongi izin agar segera merealisasikan kegiatannya. Warning itu disampaikan saat meresmikan pabrik bata ringan di Desa Warukulon Kecamatan Pucuk, Selasa (21/11).
Dia memberi apresiasi pada produsen bata ringan tersebut. Karena mereka serius menanamkan usahanya di Lamongan, sehingga proses pembangunannya berlangsung cepat. Februari 2017 dimulai ground breaking, Oktober pembangunan selesai, dan di November sudah mengirimkan produknya pada konsumen.
“Sepertinya baru kemarin perusahaan ini mengajukan ijin. Sekarang sudah selesai dan berproduksi. Ini harus dicontoh investor lain, ” kata Fadeli. Dia tidak mau ada investor yang terlalu lama merealisasikan kegiatan produksinya. “Untuk yang terlalu lama, OPD bisa ambil alih saja (ijinnya), ” kata dia.
Kepada investor yang serius, Fadeli menjanjikan Pemkab Lamongan akan memberikan berbagai fasilitas kemudahan. Sementara kepada pemilik pabrik, dia berharap agar tenaga kerja yang direkrut mengutamakan warga Lamongan. Kecuali untuk tenaga teknis yang memerlukan keahlian khusus, bisa mengambil dari luar warga Lamongan.
Pabrik di Warukulon itu sebagaimana disebutkan direktur PT SPS, Hendra Widodo adalah yang kedua setelah pabrik di Mojokerto. Pabrik ini dibangun di areal seluas 5,1 hektare, dengan luas bangunan mencapai 2,8 hektare. Kapasitasnya yang mencapai 700 ribu meterkubik pertahun, setara dua kali lipat produksi pabrik pertama di Mojokerto yang kapasitasnya 330 ribu meterkubik pertahun. [yit]

Tags: