Bupati As at Malik: Data AKI dan AKB Tahun 2017 Menurun

Bupati Lumajang Drs.As at Malik ketika memberikan sambutan dalam Hari Kesehatan Nasional ke 53 Tahun 2017 dihalaman Pemkab Lumajang. [dwi/bhirawa]

Lumajang, Bhirawa
Bupati Lumajang,, Drs.As at Malik sangat mengapresiasi kepada stage holder yang ada karena dinila telah bekerja keras dalam upaya menurunkan jumlah angka AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) di Kabupaten Lumajang tahun 2017 ini.
Hal tersebut disampaikan pada gelar upacara dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Kabupaten Lumajang 2017 dengan tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, di Halaman Pemkab Lumajang, pada Senin (20/11).
Pada kesempatan tersebut Bupati yang bertindak sebagai inspektur upacara berpesan kepada seluruh peserta upacara agar sebagai Abdi Negara untuk selalu memberikan contoh dalam mensukseskan program pemerintah tersebut.
“Sehat memang bukan segalanya, tetapi apa bila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya”, ujarnya.
Dalam membacakan sambutan tertulis dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid, Sp.M, Dia menyampaikan serta menghimbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri, keluarga dan lingkungan ditempat tingggalnya masing-masing.
Disisi lain, dikatakan bahwa Puskesmas dan tenaga kerja harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih melalui pendekatan keluarga.
Di akhir amanatnya, Bupati berpesan kepada seluruh insane kesehatan Kabupaten Lumajang, agar memberikan keteladanan, meningkatkan profesionalisme, bekerja lebih ikhlas dan tekun, lebih berempati dan memperhatikan kebutuhan masyarakat, untuk lebih memberikan kepuasan kepada masyarakat.
Bupati mengaperesiasi atas keberhasilan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, yang berhasil dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Diungkapkannya, AKI di Kabupaten Lumajang ditahun 2015 berjumlah 23 orang. Pada tahun 2016 turun menjadi 18 orang. Dan tahun 2017 mengalami penurunan signifikan menjadi 7 orang.
Sedangkan AKB di tahun 2015 sejumlah 191 bayi. Pada tahun 2016 turun menjadi 171 bayi.Dan padatahun 2017 mengalami penurunan menjadi 103 orang. Hal ini menurutnya merupakan prestasi yang membanggakan, khususnya untuk para insan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.
Pada akhir kegiatan, Bupati Lumajang menyerahkan 43 penghargaan mulai tingkat nasional sampai tingkat daerah. (Dwi)

Tags: