345 Nelayan Kabupaten Probolinggo Terima Konverter Kit

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi serahkan konfenter kit.

Kab.Probolinggo, Bhirawa.
Setidaknya 345 nelayan di Kabupaten Probolinggo, menerima bantuan hibah berupa paket mesin konverter kit dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM). Menurut Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi, Minggu (26/11) bantuan tersebut diberikan kepada nelayan di tujuh kecamatan pesisir pantai Kabupaten Probolinggo.
Secara rinci nelayan yang menerima bantuan tersebut yakni nelayan di Kecamatan Tongas 75 paket, Kecamatan Sumberasih 148 paket, Kecamatan Dringu 36 paket, Kecamatan Gending 29 paket, Kecamatan Pajarakan sembilan paket, Kecamatan Kraksaan 28 paket dan Kecamatan Paiton 20 paket.
“Hibah mesin konverter KIT diberikan kepada masyarakat nelayan kecil yang memiliki perahu kurang dari 10 gross ton (GT) dengan mesin berdaya kurang dari 13 HP, serta menggunakan alat tangkap ramah lingkungan,” ujarnya.
Hibah tersebut bertujuan untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) dari bensin (premium) beralih menggunakan bahan bakar gas (BBG) pada pada elpiji tiga kilogram, bahkan diakui oleh nelayan dengan konverter kit ada efisiensi sampai 50 persen untuk biaya bahan bakar.
“Kami berharap bisa mengurangi pemakaian BBM berupa premium yang dialihkan ke elpiji tiga kg, sehingga masyarakat nelayan bisa melakukan penghematan biaya produksi untuk melakukan penangkapan ikan di laut,” katanya. [wap]

Tags: