Wujudkan Generasi Gemilang, Jadi Sekolah Adiwiyata Nasional

Kasek SMPN I Situbondo, Dra. Hj. Tatik Krisnawati, M.Pd, saat mendampingi tim dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Kemen-KLH) RI saat penilaian Adiwiyata Nasional. [sawawi]

SMPN I Situbondo, Sekolah Terfavorit di Kota Santri Situbondo
Situbondo, Bhirawa
SMPN I Situbondo, yang beralamat di Jalan PB Sudirman Nomor 5 sudah lama dikenal masyarakat sebagai sekolah menengah pertama tervaforit di Kota Santri Situbondo. Kini sekolah yang dipimpin Dra Hj. Tatik Krisnawati M.Pd, itu semakin mentereng setelah meraih predikat sebagai sekolah adiwiyata nasional. Dalam waktu tidak lama lagi, SMPN I Situbondo, akan menjadi satu-satunya SMP Negeri di Situbondo yang bakal menyandang status sekolah adiwiyata Mandiri dari Presiden Jokowi.
Kasek SMPN I Situbondo, Tatik Krisnawati, mengatakan,  sekolah yang ia nahkodai sejak awal berkomitmen untuk mewujudkan generasi yang unggul dalam prestasi, meningkatkan imtaq dan iptek serta konsisten melestarikan lingkungan (gemilang). Selain itu, kata mantan Kasek SMPN I Asembagus itu, lembaganya juga berkomitmen untuk selalu unggul dalam perolehan nilai ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN); unggul dalam lomba akademik/non akademik; unggul dalam aktivitas keagamaan, unggul dalam keterampilan (komputer/internet), unggul dalam lomba ICT. “Terakhir kami selalu menekankan untuk unggul dalam aktivitas kegiatan peduli lingkungan,” papar Tatik.
Tatik Krisnawati menambahkan, untuk meraih status adiwiyata nasional tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan, melainkan memerlukan kerjasama yang baik dengan siswa, wali murid dan pengurus komite sekolah. Selain itu, urai Tatik, SMPN I Situbondo harus dinyatakan lulus uji penilaian dari tim Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KKLH) RI. “Kami sudah selesai disurvey dan dinilai oleh tim pusat (KKLH-RI, red) sebagai tahapan peserta Adiwiyata Nasional di Kabupaten Situbondo. Alhamdulillah setelah melalui seleksi penilaian yang ketat, kami (SMPN I Situbondo) berhak menyandang sekolah adiwiyata nasional,” tutur Tatik Sabtu (30/9).
Menurut Tatik, ada dua program unggulan SMPN I Situbondo yang dipaparkan dihadapan tim penilai KKLH-RI, diantaranya program Semut (Semua Harus Dipungut) dan program Sidarling (Siswa Sadar Lingkungan). Program lain yang ikut dinilai, kata Tatik Krisnawati, kebijakan kepala sekolah, kurikulum yang terintegrasi dengan lingkungan hidup, partisipasi dan kemitraan serta kelengkapan sarana pendukung. “Semua itu, sudah dilaksanakan SMPN I Situbondo, sehingga berhasil meraih penghargaan adiwiyata nasional dari KKLH RI,” tegas Tatik.

Tags: