Teka-teki Hilangnya Gadis Roma

Judul    : Gadis Roma yang Hilang
Penulis    : Donato Carrisi
Penerjemah  : Adi Toha
Penerbit  : Pustaka Alvabet
Cetakan  : Pertama, 2016
Tebal    : 588 Halaman
ISBN    : 978-602-9193-79-4
Peresensi : Tanti Endarwati
Perawat, Penulis Lepas, Peresensi Buku, dan Pecinta Baca Buku Tinggal di Yogyakarta

Buku ini diawali dengan kasus menghilangnya seorang gadis secara misterius bernama Lara yang baru berusia 23 tahun di apartemen tua di pusat kota Roma. Tidak banyak petunjuk yang bisa menjelaskan menghilangnya Lara. Jejak terakhir yang ditemukan hanyalah bahwa Lara sebelum menghilang ada di dalam apartemennya dan sempat menelepon ibu dan sahabatnya. Selain itu sehari sebelum menghilang diketahui bahwa Lara menarik uang empat ratus Euro dari rekening banknya untuk membayar uang sewa. Tapi, lembaga itu tidak pernah menerima uang darinya. Menurut ibunya ada beberapa pakaian dan sebuah ransel yang hilang dari lemari. Berdasarkan bukti-bukti yang ada tersebut polisi memutuskan dia melarikan diri atas kemauannya sendiri.
Dua anggota dari Penitenzeri kuno, sebuah tim unik Italia yang terhubung dengan Vatikan dan dilatih secara khusus untuk urusan deteksi kejahatan misterius ikut terlibat dalam penyelidikan kasus menghilangnya gadis Roma ini. Mereka adalah Clemente dan Marcus. Marcus sendiri adalah seorang pria misterius yang tengah kehilangan ingatan karena tertembak orang yang tidak dikenal. Ia memiliki kemampuan membaca tempat-tempat kejadian perkara suatu kasus. Sementara Clemente adalah teman yang membimbingnya. Mereka berdua tidak sependapat dengan polisi yang menganggap Lara sengaja pergi. Mereka berasumsi bahwa terjadi sesuatu pada Lara. Hilangnya Lara menjadi pembuka serangkaian kasus-kasus misterius yang terjadi di jantung kota Roma yang sedang mereka selidiki.
Suatu malam di tengah cuaca buruk, sebuah ambulans dipanggil ke sebuah vila di luar kota. Seorang pria tua yang belakangan diketahui bernama Jeremiah Smith ditemukan terkapar tidak sadarkan diri. Ia diduga terkena serangan jantung. Di rumahnya ditemukan sejumlah benda seperti pita rambut, gelang karang, syal merah muda, dan sebuah sepatu roda. Semua barang itu merupakan milik korban-korban pembunuhan berantai.
Karena takdir, salah satu anggota dari tim paramedis yang datang ke lokasi kejadian merupakan saudara kembar dari salah satu korban pembunuhan. Dia adalah Dokter Monica, dokter muda berusia 27 tahun yang sedang magang. Enam tahun silam saudara kembar Dokter Monica yang bernama Teresa hilang tanpa jejak dan mayatnya ditemukan sebulan kemudian. Ia masih mengenakan pakaian yang sama seperti yang dikenakan saat ia dinyatakan menghilang.
Di tempat lain, Sandra Vega yang merupakan seorang fotografer forensik kepolisian di Milan masih berduka atas kematian suaminya yang meninggal secara mendadak lima bulan sebelumnya. Dia baru berusia 29 tahun dan berat rasanya memikirkan dirinya sebagai seorang janda. Polisi menyatakan bahwa kematian suaminya karena kecelakaan akibat konstruksi gedung. Namun Sandra merasa ada teka-teki yang ditinggalkan suaminya dari barang-barang peninggalannya sebelum meninggal. Ia pun berusaha memecahkan teka-teki tersebut.
Meskipun pada awalnya para tokoh tidak saling berhubungan namun kasus-kasus yang sedang mereka hadapi ternyata saling berhubungan. Sandra dan Marcus pada akhirnya bertemu karena mereka sama-sama sedang menyelidiki kasus menghilangnya Lara secara misterius. Mereka berdua bekerja sama untuk memecahkan kasus menghilangnya gadis Roma tersebut. Selain itu misteri kematian suami Sandra juga berhubungan dengan amnesia yang dialami Marcus akibat peluru yang mengenai kepalanya.
Buku ini mampu menjelaskan betapa pengalaman traumatis berpengaruh pada perkembangan psikologis seseorang bahkan sampai mampu menjadikannya sebagai pelaku kriminal yang luar biasa. Selain itu, Donato Carrisi yang juga seorang kriminolog mampu memainkan pikiran dan emosi pembaca dengan membuat adegan ketegangan yang susah ditebak. Pengenalan setiap tokohnya diselipkan dalam ketegangan yang masih berlangsung.
Cerita dalam buku ini merupakan sajian kisah misteri yang sangat rumit dan memiliki alur cerita maju mundur. Setiap bagiannya melompat dari satu plot ke plot lainnya, bolak-balik antara masa sekarang dan masa lalu yang sungguh menarik. Dengan ending yang benar-benar mengejutkan membuat buku ini layak dibaca oleh penggemar novel misteri kriminal.

                                                                                               ——————- *** ———————

Rate this article!
Tags: