Tahapan Tes Wawancara Panwascam Kab.Lamongan Dimulai

foto ilustrasi

Lamongan, Bhirawa
Mulai Hari Rabu (11/10) hingga Minggu (15/10) mendatang Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Lamongan fokus pada tahapan tes  wawancara terhadap calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dilakukan di Kantor Panwaskab Jalan Sunan Drajat Lamongan untuk menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang.
“Hari Rabu ini, calon yang menjalani tes wawancara adalah dari Kecamatan Pucuk dan Kecamatan Sukorame. Dan hari selanjutnya berasal dari kecamatan lainya hingga tuntas pada Minggu (15/10) mendatang” kata Ketua Panwaskab Lamongan,  Toni Wijaya, Rabu (11/10).
Menurut Toni, panggilan Toni Wijaya, dalam tes wawancara tersebutaspek penilaiannya antara lain terkait strategi pengawasan pemilu, sistem hukum,  sistem politik serta perundang-undangan mengenai pemilu.
Selain itu terkait integritas diri, komitmen, motovasi, kemampuan kerjasama tim dan komunikasi, kualitas kepemimpian dan organisasi, pengetahuan muatan lokal.
“Hasil tes wawancara tersebut akan diumumkan pada Selasa (17/10) mendatang. Sedangkan pesertanya sebanyak 6 peserta dari masing-masing kecamatan” terang Toni.
Sebelumnya, lanjut Toni, 6 peserta dari masing-masing kecamatan  tersebut telah dinyatakan lulus dalam  tes tulis calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)  yang digelar oleh Panwaskab beberapa waktu lalu.
Rekrutmen Panwascam tersebut, peserta tidak  boleh  dalam pengurusan partai politik.Sebab,guna menjaga indepedensi dalam pengawasan pemilu.
“Bila ada yang terlibat dalam kepengurusan partai politik maka peserta tersebut bisa dinyatakan gagal karena dalam  ketentuannya tidak membolehkan kepengurusan partai politik  menjadi pengawas pemilu” ungkap Toni. [mb9]

Tags: