Sebulan Lebih Ambruk, Atap Yoni Gambar Belum Diperbaiki

Atap Situs Yoni Gambar, Japanan, Mojowarno, Jombang yang ambruk beberapa waktu lalu. [Arif Yulianto/ Bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Atap Situs Yoni Gambar yang berada di Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Jombang telah sekitar dua bulan ambruk akibat di terjang angin. Namun hingga hari Rabu (11/10), pantauan Bhirawa, situs kuno dari bahan batu itu masih belum mengalami perbaikan atap.
Seperti yang diceritakan salah seorang warga setempat saat di konfimasi koran ini, atap Situs yang berada di tengah sawah warga dan di kelilingi pagar itu ambruk sekitar dua bulan lalu. “Itu kejadiannya sudah lebih sebulan, kayaknya penjaganya sudah lapor ke Trowulan (BPCB). Sepertinya atapnya belum didirikan lagi,”jawab Junaedi, warga setempat saat di konfirmasi via sambungan hand phonenya, Rabu siang (11/10).
Sementara itu Humas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Sudaryanto saat di konfirmasi lewat hand phonenya soal target waktu perbaikan atap situs tersebut mengatakan akan lebih baik jika koran ini mengkonfirmasi pada bidang yang menanganinya.
“Wah, gini, langsung telepon ke bagian yang membidanginya saja. Karena menyangkut dana dan waktu, tidak semuanya saya harus tahu,”tutur Sudaryanto, Rabu siang (11/10).
Terkait hal itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jombang pun mengatakan soal pemeliharaan Situs Yoni Gambar tersebut kewenangannya ada di BPCB Trowulan. Disbudpar Jombang hanya mempunyai wewenang membuat laporan dan disampaikan ke BPCB Trowulan.
“Untuk pemeliharaan kan BPCB yang berhak. Kami sudah melaksanakan sesuai tupoksi kami yaitu melaporkan ke BPCB. Kewenangan kami hanya melaporkan apa yang terjadi, kemudian ada temuan atau tidak, dan mengusulkan Juru Pelihara,”pungkas We Tjitrawatie, Kepala Dinas Disbudpar Jombang lewat sambungan telfonnya, Kamis (12/10).(rif)

Tags: