LPM Merak Situbondo Gelar Operasi Katarak Gratis

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Wabup saat meninjau peserta operasi katarak yang digelar LPM Merak dan yayasan The John Fawcett Foundation, di arena GOR Baluran kemarin. [sawawi/bhirawa].

Situbondo, Bhirawa
Untuk yang kedua kalinya, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) Situbondo bersama Yayasan The John Fawcett Foundation dan Pemkab Situbondo menggelar pemeriksaan dan operasi mata katarak gratis mulai 10-14 Oktober 2017.
Untuk operasi katarak tahun ini, LPM Merak menargetkan sebanyak 2.940 orang masyarakat kurang mampu mendapatkan pemeriksaan dan operasi mata katarak. Jumlah ini bertambah dibanding kegiatan sebelumnya.
Ketua Panitia Pelaksana Pemeriksaan Mata dan Operasi Mata Gratis Situbondo, Amir Nasrullah mengatakan, dari target 2.940 orang (pasien) itu, sebanyak 2.500 dikhususkan untuk pemeriksaan mata sekaligus pemberian kacamata . Sedangkan sisanya 400 orang untuk operasi mata katarak.
“Terakhir sebanyak 40 orang dikhususkan bagi kegiatan pemasangan bola mata palsu (protessa),” ungkap Arul-panggilan akrab Amir Nasrullah, kemarin (11/10).
Arul menambahkan, untuk pemeriksaan dan operasi mata katarak serta pemasangan bola mata palsu atau protessa, pada hari terakhir juga akan digelar pemeriksaan mata gratis khusus bagi 300 siswa sekolah dasar (SD) di Kabupaten Situbondo.
Kata Arul, jumlah peserta di tahun 2017 ini lebih banyak dibandingkan peserta pada tahun 2016 lalu, baik itu yang operasi katarak maupun pemeriksaan mata secara umum.
“Catatan kami, pada tahun lalu operasi katarak hanya sebanyak 200 orang dan protessa 10. Sedangkan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis sebanyak 2.000 dan tahun ini jumlahnya bisa tembus 2.500 orang,” ungkap Arul.
Masih kata Arul, kegiatan bakti sosial (baksos) ini diharapkan dapat terus terlaksana setiap tahunnya dengan kegiatan pengobatan dan operasi katarak secara gratis guna membantu masyarakat Situbondo yang kurang mampu.
Operasi mata dan pengobatan gratis ini digagas oleh LPM Merak dengan harapan bisa memprioritaskan atau melakukan operasi kepada penderita yang usia produktif dan lanjut usia.
“Kegiatan bakti sosial berupa layanan kesehatan mata ini terwujud berkat adanya bekerja sama dengan Yayasan “The John Fawcett Foundation” yang berkantor pusat di Denpasar-Bali,” pungkas Arul. [awi]

Tags: