Dua PTN Diharapkan Tingkatkan SDM Lumajang

Bupati Lumajang Drs As’at Malik yang bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-72 tahun.

Lumajang, Bhirawa
Bupati Lumajang Drs As at Malik yang bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke 72 tahun berharap keberadaan dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Universitas Jember Kampus Lumajang dan Akademi Komunitas Negeri Lumajang (AKNL) yang ada di Lumajang diharapkan mampu menjadi penggerak dalam peningkatkan SDM menjawab tantangan dan daya saing global.
Dalam Sambutan Gubenur Jawa Timur Soekarwo yang dibacakan oleh Bupati Lumajang itu, dipaparkan tentang sejarah singkat Jawa Timur yang sejak berdiri sampai dengan saat ini ,dikatakan bahwa pertumbuhan ekonomi pada semester 1 tahun 2017 sudah mencapai 5,21% dan lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi Nasional yaitu 5,01%. Dari kesimpulan itu, secara umum dijelaskan bahwa fokus dari menjawab tantangan global tersebut adalah tekad dan semangat Jatim dalam membangun ekonomi berbasis SDM.
Lebih lanjut dalam sambutan itu dikatakan bahwa secara umum, Jawa Timur masih memiliki pekerjaan rumah ,diantaranya strategi untuk menghadapi berbagai macam tantangan ekonomi, dan untuk pengembangan SDM. Harapannya solusi dalam menghadapi tantangan global tersebut yaitu penerapan strategi Formal yang diarahkan pada peningkatan kualitas lulusan SMK dan strategi Non -Formal diarahkan pada peningkatan kualitas tenaga kerja trampil dan bersertifikat.
“Lumajang sudah memiliki dua Perguruan Tinggi Negeri yaitu Akademi Komunitas Negeri Lumajang (AKNL) yang saat ini masih gabung dengan Politeknik Negeri Malang dan Universitas Negeri Jember Kampus Lumajang dengan program study D3 Keperawatan,” ujarnya. Dengan dua Perguruan Tunggi itu ditambah lagi dengan keberadaan lembaga pendidikan Kejuruan yakni SMK sebagai strategi formal, diharapkan dapat berfungsi mencetak lulusan yang siap kerja, diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM yang menggerakkan perekonomian di Lumajang. [dwi]

Tags: