Tahun Ini 50 Unit, Program 1 Desa Satu Ambulan Direalisasi Bertahap

Kendaraan Ambulan untuk prgram ” Satu Desa Satu Ambulan” sudah mulai didistribusikan.

Jember, Bhirawa
Pengadaan kendaraan ambulan untuk program Satu Desa Satu Ambulan’ di kabupaten Jember dilakukan secara bertahap. Dari 150 kendaraan ambulan yang direncanakan saat ini baru terealisasi 50 unit.
“Rencananya tahun ini ada 50 kendaraan yang sudah dianggarkan dalam APBD 2017. Yakni 40 ambulan untuk medan biasa, dan 10 unit ambulan untuk desa yang medannya berat (4WD). Namun dari jumlah itu, baru 4 unit ambulan yang sudah terkirim. Dan akhir September ini terpenuhi secara keseluruhan,” ujar Kepala Dinas Keaehatan Jember Siti Nurul Qomariyah usai rapat KUA PPAS P-APBD 2017, Kamis (14/9)
Pengadaan 50 kendaraan ambulan yang menelan anggaran Rp.10 Milyar tersebut menurut Nurul, mobil ambulan tersebut rencananya didistribusikan kepada desa prioritas.” Seperti desa rawan bencana, desa yang memiliki angka kematian ibu dan anak. Ini tim yang telah menentukan,” tandasnya.
Nurul juga mengatakan, selain kendaraan ambulan lembaganga juga akan menyediakan tenaga drivernya.”Kalau pengadaan driver  ambulan, bukan kewenangan saya, tapi kewenangan dari BKD. Para driver nanti juga dibekali pelatihan-pelatihan,” katannya.
Sementara, rencana Dinas Kesehatan ingin menambah 100 unit ambulan dalam PAPBD 2017, tampaknya belum mendapat persetujuan Badan Anggaran DPRD Jember.” Nanti kita lihat dulu perkembangannya. Kita lihat yang 50 unit ambulan yang sudah ada. Kalau dirasa kurang, tambahannya nanti kita proyeksikan dalam APBD 2018 nanti,” ujar Wakil Ketua Badan Anggaran Ayub Junaidi kemarin.
Sementara, Bupati Jember dr. Faida, MMR berharap agar ambulan ini dimanfaatkan secara maksimal. “Semoga dengan keberadaan satu desa satu ambulan pelayanan kesehatan masyarakat akan lebih baik. Nantinya jika ada masyarakat memerlukan mobil ambulan, bisa langsung menghubungi call centre ambulan yang disiapkan,” ujar Bupati Faida singkat.(efi)

Tags: