Mahasiswa Ceko Belajar Kulintang di SDM 1 Sidoarjo

Mahasiswa Ceko, Klara Mikulcova bersama Kasek SDM 1 Sidoarjo sedang bermain kulintang.

Sidoarjo, Bhirawa
Empat mahasiswa dari University of Palacky Republik Ceko dibuat takjub dengan permainan musik dan tari tradisional sejumlah siswa SD. Mulai dari Tari Sama hingga iringan musik kulintang yang akhirnya menarik perhatian mereka untuk mencoba.
Moment ini terjadi ketika empat mahasiswa asing tersebut mengunjungi SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, Kamis (14/9). Keempat mahasiswa tersebut yakni Alexandra Zaddlikova, Barbora Zeldova, Klara Mikulcova dan Gregar Jan. Mereka tertarik dengan musik tradisional kulintang karena dianggap unik. Saat mencoba, mereka pun ingin belajar memainkan alat musik tradisional asal Sulawesi Utara itu secara bergantian. Usai main musik, dilanjutkan mengajar para siswa, mulai kelas IV, V dan VI.
Kepala SDM 1 Sidoarjo Enik Chairul Umah, M.Si, M.Pd mengatakan, keempat mahasiswa dari Republik Ceko datang ke sekolah untuk mengajar mata pelajaran Matematika, IPA dan juga budaya. Sehari ini mahasiswa dari Eropa tersebut akan berinteraksi dengan para siswa-siwi di kelas. “Kegiatan tersebut sebagai perwujudan program sekolah global citizen, untuk lebih memudahkan anak-anak belajar bahasa inggris,” kata Enik.
Dia mengungkapkan, para siswa dan siswi nantinya juga biasa berkomunikasi dan belajar Bahasa Inggris secara langsung dengan mahasiswa asing itu. Diharapkan dengan pengalaman itu, para siswa bisa semakin percaya diri dengan kemampuannya berbahasa asingnya. “Biar semakin lancar berbahasa Inggris pasif dan aktif,” terangnya.
Selain itu, para mahasiswa juga mempelajari budaya dan seni yang telah diperagakan anak-anak. Sebaliknya, para siswa juga bisa belajar tentang budaya dari luar negeri. Jadi, saling menambah informasi untuk meningkatkan pengetahuan. “Para siswa juga sangat senang saat warga Republik Ceko tersebut memberikan pembelajaran,” katanya.
Rasa senang belajar bermain musik tradisional diungkapkan salah satu mahasiswa yang hadir, Klara Mikulcova. Ia mengaku senang sekali, karena alat musik tradisional itu tidak ada di tempatnya. “Jadi saya sangat senang sekali, nanti bisa saya pemerkan teman-teman di Ceko. Menariknya, saya diajari oleh anak-anak sekolah dasar,” ungkap Klara Mikulcova sembari tersenyum. [ach]

Tags: