Longsor 4 Penggali Tanah Ilegal Tewas Tertimbun di Kab.Mojokerto

Proses evakuasi korban tanah longsor di Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Kamis (14/9). [kariyadi/bhirawa].

Kab.Mokokerto,  Bhirawa
Empat orang penggali tanah tewas akibat tertimbun longsoran tanah di pertambangan pasir ilegal di Dusun Glogok, Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto,  Kamis (14/9).
Seluruh korban tewas di lokasi kejadian dan evakuasi seluruh korban membutuhkan waktu hampir lima jam mulai pukul 06.00 hingga 10.30 wib.
Data yang dihimpun dari lokasi kejadian menyebutkan, keempat korban merupakan pekerja di galian l milik H. masduki (52) warga desa setempat. Ketika  hendak menaikan pasir ke atas truk, tebing galian tiba-tiba ambrol dan menimpa korban hingga  keempat korban, seluruh tubuhnya tertimbun pasir dan bebatuan hingga meninggal dunia.
Empat orang  korban yang tewas dilokasi kejadian diantaranya Rajino (49) warga Dusun Jurangsari, Desa Belahan Tengah, Iswanto (35), Wijanarko (35) dan Kodir (60) warga Dusun Glogok, Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.
Sedangkan satu korban selamat adalah Budiono,  setelah dia berhasil menghindar ambrolnya tebing pasir yakni.
Proses evakuasi keempat korban, dilakukan pekerja dibantu warga sekitar menggunakan alat seadanya. Selain pencarian secara manual, evakuasi korban yang tertimbun juga menggunakan alat berat.
Selama hampir lima jam,  petugas dan warga berhasil mengevakuasi keempat korban pekerja tewas dan dibawa ke kamar jenazah RSUD dr Soekandar, Kecamatan Mojosari.
“Saat kejadian dinding tebing runtuh, saya  sedang BAB (buang air besar) tak jauh dari TKP. Saya mendengar suara gemuruh dan saat itu juga saya mencari tenaga pemuat sudah tak ada. Ternyata para pekerja tertimbun longsoran tebing pasir,” ungkap Agus Supriyadi (41) sopir angkut warga Dusun Gelang, Desa Mojosulur, Kecamatan Mojosari di lokasi kejadian.
Guna menyelidiki penyebab tewasnya keempat korban yang berada di lokasi kejadian dan menelusuri dugaan usaha pertambangan ilegal itu, kini kasus tersebut ditangani Sat Reskrim Polres Mojokerto dan Polsek Mojosari.
Kapolsek Mojosari, Kompol. Heri Sucahyo dikonfirmasi terkait kejadian tersebut mengatakan, pihaknya langsung perintahkan anggota untuk melakukan penyelidikan terkait kejadian yang menyebabkan tewasnya empat pekerja itu.
“Sementara terkait kejadian yang hingga menewaskan 4 korban pekerja pemuat pasir, kita amankan sopir truk dan pemilik lahan untuk kita mintai keterangannya terkait kejadian ini. Untuk sementara dengan adanya kejadian tersebut, lokasi kita tutup tidak ada kegiatan penambangan pasir dengan dipasang garis Police Line. Satu korban dinyatakan selamat yakni, Budiono dan masih kita mintai keterangannya terkait kejadian tersebut,” tegas Kapolsek. [kar]

Tags: