Disporaparbud Kab.Probolinggo Kenalkan Cabor Prestasi ke Siswa SMP

Disporaparbud kenalakan cabor prestasi kepada siswa SMP.

Kab.Probolinggo, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud), memberikan sosialisasi cabang olahraga (cabor) prestasi kepada siswa di aula SMP Negeri 1 Sumberasih. Sosialisasi ini diikuti oleh 80 siswa tingkat SMP dari 8 lembaga.
Cabor prestasi yang disosialisasikan tersebut meliputi hokky, panahan, catur, taekwondo dan tinju. Selain mendapatkan teori, para siswa juga melihat secara langsung teknis cabor yang disosialisasikan. Sekaligus praktek dengan didampingi oleh pelatih dan atlet masing-masing cabor.
Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, I Wayan Riasa Yana, Rabu (27/9) mengatakan sosialisasi cabor prestasi ini bertujuan untuk mengenalkan cabor prestasi ke siswa SMP dalam rangka memasyarakatkan cabor prestasi lebih luas.
“Upaya ini dilakukan dalam rangka mendorong minat agar berlatih olahraga prestasi. Setidaknya kita bisa mengarahkan siswa ke olahraga. Memang semua olahraga ada resikonya, tetapi jika bisa menekuni dengan baik maka tidak akan berbahaya,” ujarnya.
Menurut Wayan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mencari bibit atlet yang selanjutnya akan diberi pembinaan untuk selanjutnya diturunkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) atau Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Timur.
“Menekuni olahraga adalah upaya untuk menghindari hal-hal negatif. Dengan olahraga bisa berpikir positif, sportif dan jujur. Jika nanti berprestasi tentu akan membawa nama harum Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.
Sementara Bendahara KONI Kabupaten Probolinggo, Chalid Abubakar mengatakan olahraga mendidik seseorang untuk jujur, disiplin, sportif dan tanggung jawab. Memajukan olahraga tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, tetapi juga segenap elemen masyarakat, terutama siswa dan siswi tingkat SMP.
“Saya mengajak kepada para guru pendamping untuk membuat terobosan bagaimana siswa dan siswinya yang mempunyai potensi di bidang olahraga agar dibuatkan wadah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Jangan sampai ikut-ikutan anak-anak yang tidak mempunyai aktivitas sekolah. Jauhi narkoba dan minuman keras agar bisa membanggakan orang tua,” ungkapnya.
Terpisah, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, M. Sidik Widjanarko mengungkapkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk menjaring atlet-atlet muda sebagai upaya mencetak atlet handal, profesional dan berkualitas.
“Kita ingin ada cikal bakal atlet-atlet berprestasi yang berasal dari sekolah. Sebab pembinaan olahraga tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tetapi harus sinergi dengan yang lain,” tandasnya.
Melalui kegiatan ini Sidik mengharapkan ada pengembangan potensi dari masing-masing cabor dalam rangka untuk rekrutmen atlet. “Dengan demikian nantinya anak-anak bisa berprestasi,” tambahnya. [wap]

Tags: