Jelang Suroan, Polrestabes Imbau Perguruan Silat Jaga Keamanan

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Aris Haryanto (tengah) bersama pengurus PSH Terate dan STK Winongo berkomitmen menjaga keamanan selama Suroan, Sabtu (16/9).

Polrestabes Surabaya, Bhirawa
Jelang 1 Suro atau yang biasa disebut Suroan, Kamis (21/9) mendatang, Polrestabes Surabaya mengajak perwakilan perguruan silat di Kota Surabaya untuk menjaga keamanan bersama. Demi terciptanya suasana kondusif, Polrestabes Surabaya mengajak dua perguruan silat terkenal di Surabaya untuk menjalin silaturahim, Sabtu (16/9) kemarin.
Bertempat di Ruang M Yasin Mapolrestabes Surabaya, silaturahim ini dihadiri perwakilan Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya, perguruan silat  Persaudaraan Setia Hati (PSH) Terate dan STK Winongo. Wakapolrestabes Surabaya AKBP Aris Haryanto mengatakan silaturahim ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ajang silaturahim antar perguruan silat jelang acara Suroan.
Aris mengatakan acara Suroan terkadang dimanfaatkan oleh sekelompok oknum untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggungjawab. Mengantisipasi hal itu, Polrestabes Surabaya mengajak perguruan silat di wilayah hukum Polrestabes untuk bertemu dan menjalin silaturahim satu dengan yang lain.
“Perselisihan menjadi besar oleh hasutan atau informasi yang menyesatkan dari segelintir orang yang tidak bertanggungjawab. Kami Polrestabes Surabaya, mengajak perguruan silat untuk bersama-sama ikut serta berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakatk,” kata AKBP Aris, Sabtu (16/9) kemarin.
Sementara itu, Kabag Ops Polrestabes Surabaya AKBP Bambang Sukmo Wibowo mengaku akan menempatkan personel di setiap wilayah yang dijadikan tempat pertemuan untuk acara Suroan nanti. Guna meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan, Bambang memerintahkan seluruh anggotanya untuk mengamankan jalannya acara Suroan dengan baik dan lancar.
“Wilayah mana saja yang akan dijadikan sebagai tempat pertemuan, anggota maupun personel Polrestabes Surabaya kami siagakan untuk mengamankan jalannya acara tersebut,” ucap AKBP Bambang Sukno Wibowo.
Atas terselenggaranya acara ini baik pengurus perguruan pencak silat PSH Terate dan STK Winongo mengucapkan terima kasih. Mereka berjanji menjunjung tinggi semangat silaturahim dan kebersamaan antar perguruan silat di Kota Surabaya. Acara silaturahim kemarin diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama, sebagai wujud kepedulian untuk menjaga keamanan secara bersama-sama. [bed]

Tags: