Jalan Tol Mojokerto – Jombang Gratis Dua Minggu

Presiden Jokowi ketika meresmikan ruas tol Mojokerto – Jombang di kawasan pintu tol Mojokerto. [kariyadi/bhirawa].

(Usai Diresmikan Presiden Jokowi)
Kab. Mojokerto,  Bhirawa
Setelah diresmikan Presiden Indonesia Joko Widodo, Minggu (10/9) ruas Tol Mojokerto – Jombang diuji coba dan diberlakukan gratis selama dua Minggu kedepan.  Ruas tol  seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer itu,  Rabu (13/9) mulai hari imulai diuji coba dan masyarakat yang melintas tidak dipungut biaya alias gratis.
Dela Rosita, Humas PT MHI,  pengelola tol Joker mengatakan, ujicoba tol Joker seksi 2 ini berlaku hingga 26 September.
“Setiap yang melintas di jalur seksi 2 gratis, untuk  yang seksi 1 dan 3 tetap dikenai tarif seperti biasa.” terang Della.
Menurit Dela,   ujicoba ini dilakukan sambil menunggu SK dari kementerian PUPR mengenai besaran tarif.
“Untuk tarif tol Joker seksi 3 yang terhubung dengan tol Surabaya-Mojokerto, tarifnya masih gabungan sebesar 19,500 sedangan tarif tol Joker seksi 1 sebesar 11,500.” Tambahnya.
Dela juga mengatakan, untuk sementara pola pembayaran tol masih menggunakan sistem terbuka, masyarakat langsung membayar di gerbang tol.
“Kalau nanti SK soal tarif seksi 2 sudah turun, MHI akan uji coba pembayaran dengan sistem tertutup, pengendara mengambil kartu diloket masuk, dan membayar di loket keluar.” Ujarnya.
Sekedar simulasi, kalau pengendara masuk di tol Sumo seksi 4 disekitar Krian – Mojokerto, lanjut melintas tol Joker Seksi 3 di Pageruyung dikenai tarif 19.500.
Masuk ke tol Joker seksi 2 Mojokerto – Tembelang Jombang sepanjang 19,9 km tidak dipungut biaya karena masih ujicoba.
Saat masuk ke seksi 1 sepanjanh 14,7 km dari Tembelang ke Bandar Kedungmulyo dikenai tarif 11,500,  jadi total tarif dari Krian hingga bandar Kedungmulyo Jombang sementara hanya sebesar 31 ribu, karena tol Joker seksi 2 masih gratis. [kar]

Tags: