IPSI Cabang Lamongan Bakal Gelar POPDA 2017

Suasana tehnical meeting di ruangan Widyaloka Dinas Pendidikan Kabupaen Lamongan, kemarin. (alimun hakim /bhirawa).

Lamongan, Bhirawa
Setelah sukses menggelar ”Bupati Cup 2017”, kini Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Lamongan kembali menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang akan diikuti oleh lembaga pendidikan dibawah Pendidikan Nasinal (Diknas) Kabupaten Lamongan.
Popda Diknas Kabupaten Lamongan 2017 bakal diikuti 5 cabang olahraga yakni pencak silat, karate, renang,atletik dan catur.
Silat yang menjadi budaya asli indonesia menjadi satu Cabor yang mendominasi soal pesertanya. Ini dibuktikan 246 pesilat bakal siap memeriahkan POPDA 2017 yang di inisiatori Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, baik tingkat SD,MI hingga SLTP ,MTS.
“Kami dari jajaran Pengkab IPSI Lamongan mengapresiasi animo dari cabang olahraga (Cabor) pencak silat paling banyak pesertanya, Hal ini sangat membanggakan berarti olah raga pencak silat sudah banyak diminati usia dini,usia pra remaja dan remaja.Kini sudah berkembang setiap lembaga pendidikan SD dan SLTP,” kata Ketua IPSI Lamongan Ir Sumiran usai pelaksanakan technical meeting peserta, Jum’at (15/9).
Apalagi tambah Sumiran, berdasarkan prestasi pada Popda Jatim 2016.”Cabor pencak silat lamongan mampu menorehkan prestasi  1 emas, 2 perak dan 3 perunggu”Tambahnya.
Selain itu, IPSI Lamongan Ir. Sumiran menjelaskan lebih rinci, untuk  kategori yang akan dipertandingkan adalah tingkat SD/MI negeri dan swasta.
Kategori tunggal ,ganda dan regu putra dan putri dengan total 80 pesilat, sedangkan untuk tanding Putra kelas A 39-43 kg,B 43-47 kg,C 47-51 kg,D 51-55kg,E 55-59 kg ,Putri Kelas A- D.Sementara Untuk peserta tingkat SMP/MTS negeri dan swasta sebanyak 166 pesilat.
Disisi lain, Sumiran memaparkan maksud dan tujuan dari progres event POPDA.
“Tujuan Kejuaraan Pencak Silat POPDA adalah untuk menjaring pesilat usia dini di tingkat SD,MI.Bagi yang juara akan dipersiapkan untuk dikirim kejuaraan  POR SD Tingkat Jatim yang bakal di selenggarakan pada bulan Nopember 2017,” tambahnya,
Sedangkan,Lanjut dia tingkat SLTP,MTS dipersiapkan untuk POPDA Jatim yang bakal diselenggarakan pada bulan April hingga Mei 2018.
Sumiran mengungkapkan, sesuai dengan pelaksanaan tehnical meeting di ruangan Widyaloka Dinas Pendidikan Lamongan.Untuk jadwal pertandingan akan dipastikan bergulir pada tanggal 2 – 4 Oktober 2017 di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.
Disisi lain Sumiran juga merinci peserta pesilat Popda tingkat SD,MI dengan total  26 lembaga,sedangkan tingkat SMP/ MTS sekitar 45 lembaga yang terdiri dari negeri dan swasta.”Dengan event ini ke depan mudah – mudahan akan lebih baik prestasi pencak silat di lamongan”Pungkasnya. [mb9]

Tags: