Dirikan Madrasah Aliyah Berstandar Internasional

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf saat melakukan peletakan batu pertama MAN IC di Grati, Kabupaten Pasuruan, Kamis (14/9). [Hilmi Husain]

Pemkab Pasuruan, Bhirawa
Pembangunan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) di Kabupaten Pasuruan, akhirnya dimulai. Dipilihnya lokasi MAN IC di Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati bertujuan memangkas kesenjangan pembangunan di Pasuruan wilayah barat dan timur.
“Pemerataan pembangunan investasi bukan hanya di bidang fisik saja. Melainkan juga kami dorong pemerataan bidang sumber daya manusia untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain,” ujar Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf saat melakukan peletakan batu pertama MAN IC di Grati, Kabupaten Pasuruan, Kamis (14/9).
Menurutnya, MAN IC di Grati merupakan sekolah madrasah unggulan berstandar internasional. Keunggulan MAN IC dibandingkan dengan sekolah reguler, terletak pada segi mutu pendidikan hingga ragam fasilitas penunjang yang lebih memadai.
Diharapkan, keberadaan MAN IC dapat memotivasi madrasah-madrasah lain untuk ikut memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Pasuruan. Termasuk juga, pemanfaatan SDM pengajar dan lulusan sekolah di Kabupaten Pasuruan untuk menjadi bagian dari MAN IC.
“Sekolah ini menjadi peluang bagi siswa siswi lulusan SLTP sederajat untuk mendapatkan dan memilih pendidikan berkarakter dan berkualitas. Di Jawa Timur, hanya ada satu MAN IC, yakni di Kabupaten Pasuruan ini. Pesan saya adalah MAN IC ini bisa menjadi pendorong tumbuh kembangnya madrasah lain yang lebih kecil,” papar Irsyad Yusuf.
MAN IC dibangun di atas lahan seluas 9,2 hektar, dengan anggaran bersumber dari APBN 2017 senilai Rp 3,07 miliar. Sedianya, proses pembangunan ditarget selesai sekitar 10 bulan kedepan atau pada tahun 2018 mendatang.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Asadul Anam mengatakan besaran anggaran pembangunan Rp 3,07 miliar itu difokuskan pada pembangunan tahap pertama pada pada 8 ruang kelas baru untuk kelas X.
Ditahun berikutnya, yakni 2018 akan ada usulan anggaran sebesar Rp 26 miliar untuk pembangunan Asrama putra dan putri, serta pembangunan rumah dinas bagi para guru. “Beroperasinya MAN IC ini akan semakin mewarnai dunia pendidikan di Kabupaten Pasuruan,” kata Asadul Anam. [hil]

Tags: