Bupati Situbondo Launching Pameran Produk Industri Kerajinan

Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto didampingi Kadis Perdagangan dan Perindustrian Hj Tutik Margiyanti di sela sela launching pameran produk unggulan dalam rangka harjakasi ke-199, dialun alun, Jumat (8/9). [sawawi/bhirawa].

(Sukseskan Festival Kopi Kayu Mas Juara Dunia)
Situbondo, Bhirawa.
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Situbondo memiliki gawe besar dalam sepekan ini. SKPD yang dipimpin Hj Tutik Margiyanti ini mengadakan pameran produk unggulan industri kerajian menengah (IKM) dari berbagai sentra yang dikelola masyarakat di Kota Santri. Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat ini merupakan rangkaian dari festival Kopi Kayu Mas juara dunia yang dikoordinatori Disdagin Kabupaten Situbondo.
Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH yang didampingi Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi M.Si di sela sela membuka pameran produk unggulan IKM mengatakan kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Situbondo dilaksanakan sejak 8-12 September 2017. “Kami sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas terlaksananya kegiatan pemeran. Ini karena sudah mulai mengarah kepada profesionalisme,” ungkap Bupati Dadang pada awal sambutannya.
Bupati dua periode menuturkan semua birokrasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo harus mau membuka diri dan mau membangun kepada semua komunitas yang ada di Kabupaten Situbondo. Pasalnya, ungkap Bupati Dadang, jika semua komunitas yang ada di Kabupaten Situbondo bisa kita digandeng dan diberi ruang sesuai porsinya, maka akan dapat membantu bagi kemajuan Situbondo kedepan. “Tidak akan menutup kemungkinan pembangunan di Situbondo akan semakin maju,” ujar Bupati Dadang.
Bupati Dadang menambahkan pameran produk unggulan Situbondo diharapkan mampu menopang peningkatan kesejahteraan usaha kecil menengah di Situbondo. Salah satu buktinya kopi Kayu Mas kini sudah meraih penghargaan dunia karena perawatan kopi tersebut dilakukan dengan baik oleh para petai kopi yang ada di Desa Kayu Mas, Kecamatan Arjasa Situbondo. “Kami terus memacu petani kopi agar kebunnya  dikelola dengan cara organik agar supaya penghargaan dunia tetap bisa dipertahankan,” papar Bupati Dadang seraya mengakui jika saat ini baru ada 1.200 hektar lahan  yang memakai sistem organik.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Situbondo, Hj Tutik Margiyanti membenarkan, jika kegiatan pameran produk unggulan IKM diadakan sebagai rangkaian ajang  Festival Kayu Mas Juara Dunia 2017.
Mantan Kepala Dinas Cipta Karya itu menandaskan, event ini juga cocok sebagai sarana promosi dan pemasaran offline kepada kalangan masyarakat Situbondo. “Dalam event ini, juga diresmikan pemasaran produk secara online melalui nama Situbondomarket.com. Untuk peserta pameran diikuti 65 pemilik IKM di Situbondo,” pungkas Tutik. [awi]

Tags: