Kawasan Suramadu akan Dibangun Perumahan dan Tempat Wisata

Jembatan Suramadu

DPRD Jatim, bhirawa
Rencana pemerintah pusat yang akan menggelontorkan dana sebesar Rp58 triliun ke Pulau Madura disambut baik oleh sejumlah anggota DPRD Jatim yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) Madura. Diharapan bantuan tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di ujung Pulau Jawa ini.
Anggota DPRD Jatim, dari Fraksi Demokrat, H Hisan menegaskan ada sejumlah fasilitas yang rencananya akan dibangun dekat jembatan Suramadu.
Diantaranya pelabuhan Tanjung Pandan Tanjung Bumi di Bangkalan, akses tol yang menghubungkan Tanjung Pandan ke jembatan Suramadu sepanjang 15,3 kilo dengan anggaran mencapai Rp2,7 triliun.
“Selain akan dibangun kawasan industry pantura di Bangkalan, juga akan dibangun rest area di kaki Suramadu sisi Bangkalan, serta perumahan dan tempat wisata. Yang pasti pembangunan semua infrastruktur ini mencapai Rp58 triliun. Dan semuanya murni bantuan dari pemerintah pusat,”tegas pria yang rencananya maju dalam Pilbup Bangkalan, Kamis (10/8).
Dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, pria yang juga duduk di Komisi A DPRD Jatim ini berharap perekonomian masyarakat di wilayah Madura semakin bergeliat. Hal ini tentunya akan berimbas pada jumlah kemiskinan yang di Madura mendapatkan angka tertinggi di Jatim. ”Saya terus berharap dengan bantuan anggaran dari pusat untuk perbaikan infrastruktur ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Madura,”tegasnya politikus sering senyum ini.
Selain itu, dengan ada perbaikan perekonomian di Madura diharapkan dapat menekan angka urbanisasi. Pasalnya, banyak masyarakat Madura yang bekerja di luar Madura dan mereka sukses. ”Bagaimana jika kesuksesan ini dibangun di tempat kelahirannya, khan bagus juga untuk mendongkrak ekonomi rakyat Madura,”tegasnya.
Disisi lain, saat ini wilayah Sampang masih belum terbebas dari banjir.  Karena itu, pihaknya berharap ada pembangunan waduk di Kecamatan Kedundung Sampang seluas 1 ha. Dimana pembangunannya membutuhkan Rp1,1 triliun dari APBD Jatim dengan model multi years. ”Kami terus berusaha agar dalam APBD Jatim 2018 nanti ada anggaran untuk pembangunan waduk di sampan dengan pembiayaannya model multi years. Ini memungkinkan agar Sampang dapat terhindar dari banjir saaat musim hujan tiba,”lanjutnya dengan mimic serius.
Selain itu, perlu ada pelebaran jalan dari Ketapang-Sampang-Omben sehingga masyarakat luar yang akan berziarah tidak merasa suntuk di jalan, mengingat lebar jalan yang ada hanya 4 meter. Sehingga kalau ada salipan mobil, maka yang satu harus ngalah turun ke tanah. ”Inilah yang sedang kami perjuangkan agar ada tambahan 2 meter, sehingga 6 jadi meter dengan panjang 42 kilo,”teas politisi asli Madura ini. [cty]

Tags: