Dikabarkan Pelaku Tertangkap, Polrestabes Sebut Masih Kembangkan Penyelidikan

video rekonstruksi pelaku pecah kaca yang diunggah korban Fuad Benardi dalam akun Instagramnya @fuadbenardi, Kamis (10/8). [abednego/bhirawa]

(Kejahatan Bermodus Pecah Kaca Mobil Anak Wali Kota)
Polrestabes Surabaya, Bhirawa
Beredar kabar pelaku kejahatan bermodus pecah kaca mobil dengan korban Fuad Benardi, anak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah tertangkap. Namun kabar ini masih simpang siur. Baik Polrestabes Surabaya maupun Polsek Mulyorejo enggan memberikan keterangan rinci, keduanya kompak mengaku semuanya masih dalam tahap pengembangan penyelidikan.
Rumor tertangkapnya pelaku kejahatan bermodus pecah kaca di GOR Sudirman Jl Kertajaya Indah Timur ini terlihat di akun Instagram milik Fuad Benardi. Meski tidak mengatakan secara langsung, namun Fuad membenarkan bahwa kasusnya sudah terungkap. Pernyataan itu bisa dilihat dari caption video yang diunggah di akun Instagramnya.
Pada akun Instagram @fuadbenardi, caption itu berbunyi “Alhamdulillah salah satu pelaku sudah tertangkap namun laptop sudah dijual. Semoga bisa ketemu penadahnya. Terima kasih @polrestabes.surabaya dan @polsekmulyorejo sudah bertugas siang-malam untuk mengejar pelaku”.
Sementara video yang diunggah pada akun Instagram @fuadbenardi adalah video polisi saat melakukan rekonstruksi kasus tersebut. Dalam video tersebut, sepertinya pelaku yang tertangkap juga diikutkan dalam rekonstruksi itu.
Dikonfirmasi kabar tentang tertangkapnya pelaku kejahatan pecah kaca mobil tersebut, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal enggan merinci. “Tanya langsung ke Serse (Reskrim),” singkatnya saat dihubungi via seluler, Kamis (10/8).
Senada dengan Kapolrestabes, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Leonard Sinambela juga enggan merinci hal tersebut. Leonard mengaku, saat ini pihaknya bersama tim sedang mengungkap data-data jaringan pelaku kejahatan yang kerap melakukan aksi di wilayah hukum Polrestabes Surabaya, terutama di Polsek Mulyorejo sebagai TKP (Tempat Kejadian Perkara) pecah kaca tersebut.
“Masih kita kembangkan, secepatnya akan kami beritahukan dan dirilis langsung oleh Pak Kapolres,” singkatnya.
Selang beberapa jam setelah memposting tertangkapnya pelaku kejahatan pecah kaca, Fuad Benardi langsung meralat caption di akun Instagramnya. Ralat tersebut bertuliskan “Mohon maaf salah info, hanya reka ulang kejadian untuk pengembangan kasus. Semoga teman2 @polrestabes.surabaya dan @polsekmulyorejo bisa menangkap pelakunya”.
Rumor tertangkapnya pelaku pecah kaca ini juga dibantah oleh Kapolsek Mulyorejo Kompol Bagus Dwi Rusiawan. Kepada Bhirawa Bagus mengaku, sampai saat ini anggotanya masih tahap penyelidikan kasus tersebut. Pihaknya juga menegaskan bahwa anggota Reskrim Polsek Mulyorejo belum menemukan pelaku kejahatan dengan korban Fuad Benardi. “Sampai saat ini anggota kami belum ada yang menangkap pelaku. Kan masih tahap penyelidikan,” imbuhnya.
Sebelumnya, Fuad Benardi yang merupakan pengurus PBSI Kota Surabaya sedang ada rapat di GOR Sudirman Jl Kertajaya Indah Timur Surabaya. Saat itu putera dari Tri Rismaharini ini memarkirkan mobil jenis Mitsubhisi Outlander miliknya di depan GOR Sudirman. Di sela-sela rapat, sekitar pukul 20.00  Fuad diberitahu bahwa mobilnya menjadi sasaran kejahatan pecah kaca. Sehingga tas berisi laptop beserta dokumen di dalamnya raib diambil pelaku. [bed]

Tags: