Dinas Perhubungan Sidoarjo Siap Antar 1.375 Pemudik

Drs Asrofi MM. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Masyarakat yang ingin mudik gratis saat Idul Fitri 1438 H tahun 2017 ini lewat Dinas Perhubungan Kab Sidoarjo, harus segera cepat mendaftar di OPD Pemkab Sidoarjo ini. Sebab dari jatah kursi bus yang disediakan sebanyak 1.375, sampai 7 Juni kemarin, sudah terisi  sebanyak 1.283 kursi. Sehingga hanya tersisa 92 kursi saja.
Disampaikan Kepala Dishub Sidoarjo, Drs Asrofi MM, pendaftaran mudik gratis tahun ini sudah dimulai sejak 16 Mei lalu. Pendaftaran akan ditutup kalau kuota kursi yang tersedia sudah terpenuhi. Pendaftaran Hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu, pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.
”Silakan segera mendaftar, mudik ini gratis, syaratnya gampang, hanya menyerahkan foto copy kartu keluarga satu lembar saja,” terang Asrofi, Rabu (7/6) kemarin.
Jumlah kursi bus yang masih tersedia diantaranya, untuk jurusan Banyuwangi tinggal 10, jurusan Magetan tinggal 1, jurusan Trenggalek tinggal 6, jurusan Blitar tinggal 11, jurusan Tuban tinggal 45 dan jurusan Bojonegoro tinggal 19.
Asrofi mengatakan, kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Dishub Sidoarjo tahun ini, jumlah bis yang dipakai untuk mengangkut pemudik ini sama dengan tahun 2016 lalu. Yakni 25 bus.
Tahun ini, pihaknya akan memberangkatkan pemudik dengan delapan rute tujuan. Yakni Sidoarjo-Banyuwangi, Sidoarjo-Jember, Sidoarjo-Tuban, Sidoarjo-Bojonegoro, Sidoarjo-Ponorogo, Sidoarjo-Magetan, Sidoarjo-Trenggalek dan Sidoarjo-Blitar. Menurut rekapan, rute paling banyak peminatnya adalah Sidoarjo-Ponorogo, Sidoarjo-Magetan dan Sidoarjo-Trenggalek.
”Rute Sidoarjo-Magetan yang paling banyak peminat, jatah kursi tinggal satu saja, sehingga pada rute ini kita sediakan tujuh bus, jurusan lainnya dibawah itu,” kata Asrofi.
Sedangkan rute yang peminatnya sedikit, diantaranya Sidoarjo-Blitar, Sidoarjo-Tuban dan Sidoarjo-Bojonegoro, sehingga pada rute itu hanya disediakan 1 bus saja. Untuk rute Madura tidak ada, karena peminatnya sangat sedikit.
”Pemberangkatan mudik gratis ini, akan dilakukan oleh Bupati Sidoarjo, pada hari Jum at, 23 Juni, di Alun-alun Sidoarjo Jl Cokronegoro Nomor 1, pukul 07.00,” kata Asrofi.
Disampaikannya, dalam memulangkan pemudik ini tiap tahunnya, Dishub Sidoarjo masih menggunakan angkutan bus. Belum menggunakan angkutan lainnya seperti kereta api. [kus]

Tags: